Biografi Qatadah bin Di'amah As Sadusy

Nama lengkapnya adalah Qatadah bin Di'amah As-Sadusy Al-Bashary. Beliau adalah seorang tabi'in ahli tafsir yang berasal dari Kuffah (Iraq). Qatadah bin Di'amah terlahir dalam keadaan buta pada tahun 61 Hijriyah atau 681 Masehi. Bersama Al-Qamah dan Asy-Sya'by, mereka adalah para pengikut Ibn Mas'ud.

Qatadah bin Di'amah sangat giat menuntut ilmu serta memiliki hafalan yang sangat kuat. Karena itu, beliau pernah berkisah tentang dirinya,
"Aku tidak pernah mengatakan kepada orang yang bicara kepadaku, ulangi lagi. Dan tidaklah kedua telingaku ini mendengar sesuatu apa pun melainkan langsung ditangkap oleh hatiku (langsung dapat menangkap dan mencernanya dengan baik)."

Imam Ahmad pernah menyinggung tentang dirinya lalu membicarakannya secara panjang lebar. Ia lalu menyiarkan mengenai keilmuan, kefiqihan, dan pengetahuannya tentang berbagai perbedaan dan tafsir. Ia juga menyebutnya sebagai seorang yang kuat hafalan dan ahli fiqih.

Imam Ahmad berkata,
"Amat jarang anda temukan orang yang dapat mengunggulinya. Tapi kalau dikatakan ada yang seperti dia, maka ini bisa saja terjadi."

Imam Ahmad juga mengatakan,
"Beliau (Qatadah) adalah seorang yang paling hafal dari kalangan penduduk Bashrah, tidak lah ia mendengarkan sesuatu melainkan langsung hafal."

Qatadah bin Di'amah As-Sadusy wafat di suatu tempat bernama Wasith, pada tahun 117 Hijriyah dalam usia 56 tahun.


#qatadah bin di'amah as sadusi meninggal tahun hijriah, #qatadah bin di'amah as sadusi meninggal kurang lebih pada tahun, #qatadah bin di'amah as sadusi meninggal tahun, #qatadah bin di'amah as sadusi meninggal pada tahun, #qatadah bin di'amah as sadusi, #qatadah bin di amah as sadusi meninggal pada tahun, #qatadah bin di'amah as sadusi meninggal, #qatadah bin di'amah,
LihatTutupKomentar