Malaikat di Sekitar Arsy Allah

Hamalat Al 'Arsy. Empat malaikat pembawa 'Arsy Allah, pada hari kiamat jumlahnya akan ditambah empat menjadi delapan.

Para malaikat pemikul 'Arsy terkenal dengan nama Hamalat Al 'Arsy (Arab: حملة العرش) berjumlah empat malaikat, setelah kiamat akan bertambah menjadi delapan malaikat yaitu Israfil, Mikail, Jibril, Izrail, dan Hamalat Al 'Arsy. Didalam Al Qur'an juga disebutkan para malaikat ini, dalam surah Al Haqqah ayat 17,
وَّا لْمَلَكُ عَلٰۤى اَرْجَآئِهَا ۗ وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمٰنِيَةٌ

"Dan para malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka." (QS. Al Haqqah 69 : Ayat 17)

Wujud Hamalat Al 'Arsy

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari seorang sahabat Jabir bin Abdillah, bahwa wujud para malaikat pemikul singgasana Allah sangatlah besar dan jarak antara pundak malaikat tersebut dengan telinganya sejauh perjalanan burung terbang selama 700 tahun.

Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari seorang sahabat Jabir bin Abdillah termasuk hadist shahih, Nabi Muhammad ﷺ bersabda,
"Telah diizinkan bagiku untuk bercerita tentang sosok Malaikat dari Malaikat Malaikat Allah yang bertugas sebagai pemikul 'Arsy, bahwa jarak antara daun telinganya sampai ke bahunya adalah sejauh perjalanan 700 tahun."
Dikatakan pula dalam hadits, bahwa Hamalat Al 'Arsy memiliki sayap lebih besar dan banyak dibandingkan dengan Jibril dan Israfil. Dikatakan juga bahwa Hamalat Al 'Arsy memiliki sayap sejumlah 2400 sayap. Dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil, sedangkan Israfil mempunyai 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril.

Rasulullah ﷺ pernah melihat akan rupa sebenarnya Malaikat Jibril sebanyak 2 kali, yaitu ketika peristiwa Isra' Mi'raj. Ketika Rasulullah ﷺ melihat Malaikat Jibril dalam keadaan rupanya yang sebenarnya, Baginda Nabi Muhammad ﷺ lantas memuji Malaikat Jibril akan kehebatannya.

Malaikat Jibril mempunyai 600 sayap, apabila dibuka satu sayapnya, maka gelaplah seluruh bumi ini. Namun begitu, Malaikat Jibril mengatakan kepada Rasulullah ﷺ bahwa jangan memujinya, kerana Rasulullah ﷺ masih belum melihat Malaikat lain yang lebih hebat kejadiannya.

Lalu Rasulullah ﷺ bertanya kepada Malaikat Jibril, "Ya Jibril, adakah masih ada Malaikat yang lebih hebat dari pada kamu ?" Malaikat Jibril menjawab, "Ya, ada." Malaikat Israfil mempunyai 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Malaikat Jibril Sesudah itu, Rasulullah bertanya lagi, "Adakah Malaikat Israfil paling hebat ?" Jawab Malaikat Jibril, "Tidak, Malaikat yang memikul Arasy Allah. Malaikat ini mempunyai 2400 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Malaikat Israfil."

Sedangkan Syeikh Muhammad Nawawi bin Umar bin 'Arabi Al Jawi Al Bantani, seorang wali besar dari tanah Jawa, mengatakan,
"Mereka adalah tingkatan tertinggi para Malaikat dan Malaikat yang pertama kali diciptakan. Dan mereka berada di dunia sebanyak 4 malaikat, pada saat kiamat akan berjumlah 8 malaikat. Jarak antara telapak kakinya sampai lututnya sejauh perjalanan 70 tahun burung yang terbang paling cepat. Adapun sifat dari 'Arsy, dikatakan bahwa 'Arsy adalah permata berwarna hijau dan 'Arsy adalah makhluk yang paling besar dalam penciptaan. Dan setiap harinya 'Arsy dihiasi dengan 1000 warna dari pada cahaya, tidak ada satu makhluk pun dari makhluk Allah ta'ala yang sanggup memandangnya. Dan segala sesuatu seluruhnya di dalam 'Arsy seperti lingkaran ditanah lapang. Dikatakan sesungguhnya 'Arsy merupakan kiblat para penduduk langit, sebagaimana Ka'bah sebagai kiblat penduduk bumi."