Hadits Tentang Keutamaan Melaksanakan Shalat Sunnah Dhuha

Ada banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan bagi orang yang melaksanakan shalat sunnah dhuha. Semua keutamaan-keutamaan tersebut bisa kita temukan dalam beberapa hadits Rasulullah ﷺ.

Adapun beberapa keutamaan dalam melaksanakan shalat sunnah dhuha adalah sebagai berikut,

Shalat Dhuha Merupakan Sedekah

Rasulullah ﷺ pernah menjelaskan bahwa shalat sunnah dhuha merupakan salah satu bentuk sedekahnya orang muslim. Penjelasan tersebut terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,
"Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, menyuruh kebaikan merupakan sedekah, dan mencegah kemungkaran merupakan sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan dengan mengerjakan shalat sunnah dhuha 2 raka'at." (HR. Muslim dari Abu Dzar)

Dalam hadits yang lain, Rasulullah ﷺ menjelaskan kembali bahwa shalat sunnah dhuha merupakan sedekah,
"Dalam diri manusia terdapat 360 ruas tulang, hendaklah ia mengeluarkan satu sedekah untuk setiap ruas itu. Para sahabat bertanya, "Siapa yang mampu mengerjakan hal tersebut wahai Nabi Allah ?" Nabi ﷺ berkata, "Dahak di masjid yang engkau pendam, suatu aral yang engkau singkirkan dari jalan. Jika engkau tidak mendapatkan sesuatu yang sepadan, maka cukuplah bagimu shalat sunnah dhuha 2 raka'at." (HR. Abu Daud dan Ahmad dari Abu Buraidah)

Shalat Sunnah Dhuha Merupakan Simpanan Amal Cadangan

Shalat sunnah dhuha bisa dijadikan sebagai simpanan amal cadangan yang bisa kita dapatkan pahalanya di hari akhir. Rasulullah ﷺ menjelaskan dalam haditsnya,
"Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba di hari kiamat dari amalannya adalah shalatnya. Jika benar (shalatnya) maka ia telah lulus serta beruntung dan jika rusak (shalatnya) maka ia akan kecewa serta merugi. Jika terdapat kekurangan pada shalat wajibnya, maka Allah ﷻ berfirman, "Perhatikanlah, jikalau hamba-Ku memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah dengan shalat sunnahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan dalam shalat wajibnya." Jika selesai urusan shalat, barulah amalan lainnya." (HR. Ashabus Sunan dari Abu Hurairah)

Ghanimah (Keuntungan) Yang Besar

Shalat sunnah dhuha mempunyai keutamaan yang salah satunya adalah di dalamnya terdapat keuntungan (ghanimah) yang besar. Hal tersebut bisa dilihat dari penjelasan hadits Rasulullah ﷺ yang bersabda,
"Barangsiapa yang shalat sunnah dhuha 2 raka'at, ia tidak akan termasuk golongan pelupa atau lalai. Barangsiapa yang shalat sunnah dhuha 4 raka'at, akan dimasukkan dalam golongan orang-orang yang bertaubat (kembali kepada Allah). Barangsiapa yang shalat sunnah dhuha 6 raka'at, akan dicukupkan kebutuhannya pada hari itu. Barangsiapa yang shalat sunnah dhuha 8 raka'at, maka akan termasuk golongan hamba-hamba yang patuh. Dan barangsiapa yang shalat sunnah dhuha 12 raka'at, maka Allah ﷻ akan membangunkan baginya rumah di surga." (HR. Thabrani dari Abu Darda')

Tercukupi Kebutuhan Hidupnya

Orang yang rajin melaksanakan shalat sunnah dhuha karena Allah ﷻ, maka akan diberikan kelapangan rezeki oleh-Nya.

Dalam hadits Qudsi yang diriwayatkan oleh Abu Darda', Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa Allah ﷻ berfirman,
"Wahai anak Adam, rukuklah (shalatlah) karena Aku pada awal siang (shalat dhuha) 4 raka'at, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu hingga sore hari." (HR. Tirmidzi)

Memperoleh Pahala Haji serta Umrah

Keutamaan lain dari pada shalat sunnah dhuha ialah diperolehnya pahala haji serta umrah bagi siapa saja yang mengerjakannya.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,
"Barangsiapa yang shalat fardhu shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir untuk Allah ﷻ sampai matahari terbit, kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan shalat sunnah dhuha 2 raka'at, maka baginya seperti memperoleh pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya." (HR. Tirmidzi)

Diampunkan Semua Dosanya

Orang yang sering yang sering mengerjakan shalat sunnah dhuha, maka Allah ﷻ akan mengampuni semua dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,
"Barang siapa yang menjaga shalat sunnah dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Dibangunkan Istana di Surga

Keutamaan yang terdapat dalam shalat dhuha sangatlah banyak dan istimewa. Adapun salah satu dari keutamaannya yaitu, Allah ﷻ akan membangunkan istana di surga bagi siapapun yang sering melaksanakan shalat sunnah dhuha.

Rasulullah ﷺ bersabda,
"Barangsiapa shalat sunnah dhuha 12 raka'at, maka Allah ﷻ akan membangunkan baginya istana yang terbuat dari emas di surga." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

#manfaat shalat sunnah dhuha, #dalil keutamaan shalat sunnah dhuha,#keutamaan sholat sunat dhuha, #tuliskan dalil keutamaan shalat sunnah dhuha, #keutamaan shalat sunnah rawatib dan dhuha, #manfaat sholat sunnah dhuha dan tahajud, #di antara keutamaan dari shalat sunnah dhuha adalah, #keutamaan sholat sunnah tahajud dan dhuha, #keutamaan shalat dhuha menurut sunnah,
LihatTutupKomentar