Kisah Abu Umamah bin Sahl

Abu Umamah bin Sahl (أبو أمامة بن سهل) adalah seorang sahabat Anshar, cucu dari sahabat mulia, As'ad bin Zurarah radhiallahu 'anhu.

Nasab dan Kabilah Abu Umamah

Nama dan nasab Abu Umamah adalah Abu Umamah bin Sahl bin Hanif bin Wahb Al-Anshari. Ia berasal dari Bani Amr bin Auf bin Malik bin Al-Aus.

Rasulullah ﷺ menamainya dengan As'ad, nama yang sama dengan kakek dari ibunya. Jadi, namanya adalah As'ad, nama panggilannya adalah abu Umamah, Rasulullah ﷺ mendoakannya dengan keberkahan.

Abu Umamah Meriwayatkan Hadits

Dari Abu Umamah bin Sahl bin Hanif, ia berkata,
عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أُتِيَ بِامْرَأَةٍ قَدْ زَنَتْ فَقَالَ ‏ “‏ مِمَّنْ ‏”‏ ‏.‏ قَالَتْ مِنَ الْمُقْعَدِ الَّذِي فِي حَائِطِ سَعْدٍ ‏.‏ فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ فَأُتِيَ بِهِ مَحْمُولاً فَوُضِعَ بَيْنَ يَدَيْهِ فَاعْتَرَفَ فَدَعَا رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم بِإِثْكَالٍ فَضَرَبَهُ وَرَحِمَهُ لِزَمَانَتِهِ وَخَفَّفَ عَنْهُ

"Ada seorang wanita dibawa kepada Rasulullah ﷺ, dan perempuan tersebut telah berzina.

Nabi ﷺ bertanya, "Dengan siapa ?"

Ia menjawab, "Dengan seorang yang lumpuh yang tinggal di kebun Saad."

Lalu Nabi ﷺ mengutus seseorang untuk menjemput orang tersebut. Laki-laki itu dibawa ke hadapan Nabi ﷺ, dan ia mengakui perbuatannya. Nabi ﷺ meminta diambilkan pelepah kurma, lalu Beliau ﷺ memukulnya dengan pelepah kurma tersebut. Beliau ﷺ meringankan hukumannya karena kondisinya yang cacat." (Sunan An-Nasa'i)

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Sunan-nya dari Abu Umamah bin Sahl bin Hanif,
"Ada seseorang yang melemparkan anak panah kepada orang lain, lalu ia pun membunuhnya. Yang terbunuh itu tidak memiliki ahli waris, kecuali seorang paman dari pihak ibu. Lalu Abu Ubaidah bin Al-Jarrah menulis surat kepada Umar untuk meminta solusi atas permasalahan tersebut. Umar membalas suratnya dengan mengatakan bahwa Nabi ﷺ bersabda, "Allah dan Rasul-Nya menjadi pelindung bagi mereka yang tidak memiliki pelindung. Dan paman dari pihak ibu adalah ahli waris bagi siapa yang tidak memiliki ahli waris."

Wafatnya Abu Umamah

Abu Umamah bin Sahl bin Hanif wafat pada tahun 100 Hijriyah, saat itu usianya sekitar 90 tahun.

#abu umamah adalah, #abu umamah al bahili, #kisah abu umamah,
LihatTutupKomentar