Malaikat Izrail

Malaikat Izrail terbagi menjadi dua bagian, sesuai dengan Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala,
وَا لنّٰزِعٰتِ غَرْقًا.وَّا لنّٰشِطٰتِ نَشْطًا

"Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras. Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah lembut." (QS. An Nazi'at 79 : 1 - 2)

Wujud Malaikat Izrail

Malaikat Izrail diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam keadaan yang serupa dengan malaikat Mikail baik wajahnya, ukurannya, kekuatannya, lisannya, dan sayapnya. Semuanya tidak kurang dan tidak lebih.

Dikatakan dia berwajah empat, satu wajah di muka, satu wajah di kepala, satu dipunggung, dan satu lagi di telapak kakinya.

Dia mengambil nyawa para nabi dari wajah kepalanya, nyawa orang mukmin dengan wajah mukanya, nyawa orang kafir dengan wajah punggungnya, dan nyawa seluruh jin dengan wajah tapak kakinya.

Dari kepala hingga kedua telapak kakinya berbulu Za'faran, di setiap bulu ada satu juta muka, di setiap satu juta muka mempunyai satu juta mata, mulut, dan tangan.

Ia memiliki 4.000 sayap dan 70.000 kaki, salah satu kakinya di langit ketujuh dan satu lagi di jembatan yang memisahkan Surga dan Neraka.

Setiap mulut ada satu juta lidah, setiap lidah bisa berbicara satu juta bahasa. Jika seluruh air di lautan dan sungai di dunia disiramkan di atas kepalanya, maka tidak setitik air pun akan jatuh melimpah.

Mengurus Kematian

Disebutkan, ketika Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan Al Maut (kematian) dan menyerahkannya kepada malaikat Izrail, maka berkata malaikat Izrail,
"Wahai Tuhanku, apakah Al Maut itu ?"
Maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyingkap rahasia Al Maut itu dan memerintahkan seluruh malaikat menyaksikannya. Setelah seluruh malaikat menyaksikan Al Maut itu, maka tersungkurlah semuanya dalam keadaan pingsan selama seribu tahun.

Setelah para malaikat sadar kembali, bertanyalah mereka,
"Ya Tuhan kami, adakah makhluk yang lebih besar dari ini ?"
Kemudian Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
"Aku lah yang menciptakannya dan Aku lah yang lebih Agung dari padanya. Seluruh makhluk akan merasakan Al Maut itu."
Kemudian Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan malaikat Izrail untuk mengambil Al Maut, Allah telah menyerahkan kepadanya. Walau bagaimanapun, Malaikat Izrail khawatir jika tidak berdaya untuk mengambilnya, sedangkan Al Maut lebih agung dari padanya. Kemudian Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikannya kekuatan, sehingga Al Maut itu menetap di tangannya.

Setelah itu Al Maut berkata,
"Ya Tuhanku, izinkanlah aku untuk berseru di langit sekali saja".
Maka setelah diizinkan, berserulah ia dengan suara yang amat keras,
"Aku ini adalah Al Maut, tugasku sebagai pemisah orang yang saling mencintai."
"Aku adalah Al Maut, tugasku memisahkan antara anak dan ibunya."
"Aku adalah Al Maut, tugasku memisahkan saudara lelaki dan wanita."
"Aku adalah Al Maut, tugasku menghancurkan bangunan rumah dan gedung gedung."
"Aku adalah Al Maut, tugasku meramaikan kuburan."
"Aku adalah Al Maut, tugasku mencari dan mendatangi kamu semuanya, walaupun kamu berada dalam lapis benteng yang amat kuat."
"Dan tiada satupun makhluk yang tidak merasakan kepedihanku."
Malaikat Izrail diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala hingga barat dan timur dapat dijangkau dengan mudah olehnya seperti seseorang yang sedang menghadap sebuah meja makan yang dipenuhi dengan berbagai makanan yang siap untuk dimakan. Ia juga sanggup membolak balikkan dunia sebagaimana kemampuan seseorang sanggup membolak balikkan uang.

Sewaktu malaikat Izrail menjalankan tugasnya mencabut nyawa makhluk makhluk dunia, ia akan turun ke dunia bersama sama dengan dua kumpulan malaikat, yaitu Malaikat Rahmat dan Malaikat `Azab. Sedangkan untuk mengetahui dimana seseorang akan menemui ajalnya Malaikat Maut bekerja sama dengan Malaikat Arham.¹

Walau bagaimanapun, malaikat Izrail bersama Jibril, Israfil, dan Mikail pernah ditugaskan ketika Allah menciptakan Nabi Adam. Israil juga adalah salah satu diantara malaikat yang sering turun ke bumi untuk bertemu dengan para nabi, diantaranya ialah Nabi Ibrahim Alaihis Salam dan Nabi Idris Alaihis Salam.

Kematian Para Mukmin

Sesungguhnya seorang hamba mukmin apabila hendak meninggalkan dunia menuju akhirat, turun kepadanya para malaikat dari langit yang berwajah putih seakan wajah mereka ibarat matahari. Mereka membawa kafan dan parfum dari surga. Mereka duduk di samping calon mayat sejauh mata memandang.

Diriwayatkan bahwa para malaikat ini mulai mencabut nyawa dari kaki sampai ke lututnya, kemudian diteruskan oleh para malaikat lainnya sampai ke perut, kemudian diteruskan lagi oleh para malaikat lainnya sampai ke kerongkongan, kemudian datanglah malaikat maut dan duduklah di samping kepala calon mayat seraya berkata,
"Wahai jiwa yang baik, wahai jiwa yang tenang, keluarlah menuju ampunan dan ridha dari Allah."
Maka keluarlah ruhnya dengan lembut seperti air yang menetes dari bibir tempat air. Malaikat maut pun mengambilnya, setelah malaikat maut mengambil ruh itu, maka segera di masukkan ke dalam kafan yang dari surga tersebut dan diberi parfum yang dari surga itu. Lalu keluarlah dari ruh itu bau yang sangat wangi seperti bau parfum yang paling wangi di muka bumi ini.

Ketika telah keluar ruhnya, maka para malaikat di antara langit dan bumi menshalatinya, demikian pula semua malaikat yang di langit. Dan dibukakan untuknya pintu pintu langit, semua penjaga pintu tersebut berdoa kepada Allah agar ruh tersebut lewat melalui pintunya.

Para malaikat membawa ruh itu naik ke langit, dan setiap melalui rombongan malaikat, mereka selalu bertanya, "Ruh siapa yang wangi ini ?" Para Malaikat yang membawanya menjawab, "Ini ruhnya Fulan bin Fulan," sambil menyebutkan panggilan panggilan terbaiknya selama di dunia.

Malaikat yang membawanya menyebutkan kebaikan kebaikannya selama di dunia, Kebaikan kebaikannya dalam hubungan dengan Allah dan dengan sesama manusia, bahkan dengan alam semesta. Tatkala telah sampai di langit dunia, para malaikat meminta dibukakan pintunya.

Malaikat penjaga pintu langit membuka pintu itu, kemudian semua malaikat yang ada ikut mengiringi ruh itu sampai ke langit berikutnya hingga berakhir di langit ke tujuh.

Lalu Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
"Tulislah catatan amal hamba-Ku di 'Illiyyiin !"
وَمَاۤ اَدْرٰٮكَ مَا عِلِّيُّوْنَ. كِتٰبٌ مَّرْقُوْمٌ

"Dan tahukah engkau apakah 'Illiyyin itu ? (Yaitu) Kitab yang berisi catatan (amal)." (QS. Al Muthaffifiin 83 : 19 - 20)
Ditulislah catatan amalnya di Illiyyiin. Kemudian dikatakan,
"Kembalikanlah ia ke bumi, karena Aku telah berjanji kepada mereka bahwa Aku menciptakan mereka darinya (tanah) dan mengembalikan mereka kepadanya serta membangkitkan mereka darinya pula pada kali yang lain."
Ruh itu pun dikembalikan ke bumi dan ke jasadnya.

Kematian Para Kafir Atau Fajir

Sesungguhnya seorang hamba yang kafir atau fajir (banyak dosa), apabila hendak meninggalkan dunia menuju akhirat, turun kepadanya para malaikat dari langit yang sangat keras lagi berwajah hitam sambil membawa kain yang kasar dari neraka. Para malaikat itu duduk disamping calon mayat sejauh mata memandang.

Diriwayatkan bahwa para malaikat ini mulai mencabut nyawa dari kaki sampai ke lututnya, kemudian diteruskan oleh para malaikat lainnya sampai ke perut, kemudian diteruskan lagi oleh para malaikat lainnya sampai ke kerongkongan, kemudian datang malaikat maut dan duduk di samping kepalanya seraya berkata,
"Wahai jiwa yang busuk, keluarlah menuju murka dan kebencian dari Allah."
Ruh itupun terkejut, lalu malaikat mencabutnya seperti mencabut alat pemanggang yang banyak cabangnya dari kain yang basah, sehingga terputuslah urat urat dan ototnya.

Malaikat itupun mengambil ruhnya dan langsung memasukkannya kedalam kain kasar (yang dari neraka itu). Keluar dari ruh itu bau yang sangat busuk seperti bau paling busuk yang pernah ada di muka bumi ini.

Para malaikat lalu membawa ruh itu naik, tiadalah melalui rombongan malaikat melainkan mereka selalu bertanya, "Ruh siapa yang busuk ini ?" Para malaikat yang membawanya menjawab, "Ini ruhnya Fulan bin Fulan," dengan menyebut panggilan panggilan buruknya ketika di dunia. Malaikat yang membawanya menyebutkan keburukan keburukanya selama di dunia, baik keburukan keburukannya dalam hubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia bahkan dengan alam semesta.

Semua malaikat di antara langit dan bumi melaknatinya (mengutuknya). Ditutup untuknya pintu pintu langit. Masing masing penjaga pintu berdoa kepada Allah agar ruh itu tidak lewat melalui pintunya.

Tatkala telah sampai di langit dunia, mereka meminta agar dibuka pintunya dan ternyata tidak dibukakan. Kemudian Rasulullah ﷺ membacakan firman Allah,
"Sekali kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum." (QS.Al A'raf 7 : 40)
Lantas Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
"Tulislah catatan amalnya di sijjiin, dibumi yang paling bawah," Kemudian dikatakan, "Kembalikan hamba-Ku ke bumi karena Aku telah berjanji bahwa Aku menciptakan mereka darinya (tanah) dan mengembalikan mereka kepadanya serta mengeluarkan mereka darinya pula pada kali yang lain".
Lalu ruhnya dilempar dari langit sehingga terjatuh ke bumi, kemudian Rasulullah ﷺ membacakan ayat,
وَمَنْ يُّشْرِكْ بِا للّٰهِ فَكَاَ نَّمَا خَرَّ مِنَ السَّمَآءِ فَتَخْطَفُهُ الطَّيْرُ اَوْ تَهْوِيْ بِهِ الرِّيْحُ فِيْ مَكَا نٍ سَحِيْقٍ

"Dan barang siapa menyekutukan Allah, maka seakan akan dia jatuh dari langit lalu disambar oleh burung atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh." (QS. Al Hajj 22 : 31)

Kematian Malaikat Izrail

Disebutkan pula, setelah seluruh makhluk hidup sudah dicabut nyawanya pada hari kiamat kelak dan makhluk yang tersisa tinggal malaikat Izrail, lalu Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyuruhnya untuk mencabut nyawanya sendiri, demi melihat dahsyatnya sakarataul maut yang sedang terjadi terhadap dirinya, malaikat izrail mengatakan,
"Ya Allah, seandainya saya tahu ternyata pedih sekali sakaratul maut ini, tidak akan tega saya mencabut nyawa seorang mukmin."

Perintah Mencabut Nyawa Dari 'Arsy

Menurut kisah Kabil Akbar, malaikat maut tidak mengetahui kapan tiap tiap makhluk yang akan mati. Dikatakan olehnya, Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menciptakan sebuah pohon (Sidrat Al Muntaha) di bawah 'Arsy yang mana jumlah daunnya sama banyak dengan bilangan makhluk yang Allah ciptakan.

Jika satu makhluk itu telah diputuskan ajalnya, maka umurnya tinggal 40 hari dari hari yang diputuskan. Maka jatuhlah daun itu kepada malaikat maut, tahulah bahwa dia telah diperintahkan untuk mencabut nyawa orang yang tertulis pada daun tersebut, sampai ada daun dari pohon yang terletak di bawah 'Arsy gugur.

Kemudian akan jatuh dua titisan dari arah 'Arsy pada daun tersebut, titisan hijau ataupun putih. Hijau menandakan bahwa si mayat akan mendapat kecelakaan, sementara putih mengambarkan dia akan mendapat kebahagiaan.

Untuk mengetahui tempat makhluk mati, Allah telah menciptakan malaikat arham yang akan diperintahkan untuk memasuki sperma yang berada dalam rahim ibu dengan debu bumi yang akan diketahui di mana ia akan mati dan di situlah kelak ia pasti akan menemui ajalnya.

Kata Kunci:
malaikat izrail bertugas, malaikat izrail adalah, malaikat izrail bertugas sebagai, malaikat izrail menangis, malaikat izrail tugasnya adalah, malaikat izrail disebut juga malaikat, malaikat izrail ditugaskan untuk mencabut nyawa, malaikat izrail tugasnya apa, malaikat izrail ada berapa, malaikat izrail akan mencabut nyawa orang yang tidak beriman dengan cara yang, malaikat izrail akan turun ke bumi untuk meniup sangkakala tepatnya di, malaikat izrail akan mencabut nyawa seseorang sesuai dengan, malaikat izrail akan mencabut nyawa seseorang sesuai dengan brainly, malaikat izrail as, malaikat izrail akan, malaikat izrail a, malaikat izrail berkata, malaikat izrail bertugas mencabut nyawa sedangkan malaikat israfil bertugas, malaikat izrail bertugas mencabut nyawa karena itu mendapat gelar, malaikat izrail berwajah 4, cara malaikat izrail mencabut nyawa, ciri malaikat izrail, cara malaikat izrail mencabut nyawa orang kafir, cara malaikat izrail mencabut nyawa manusia, malaikat izrail dan israfil, malaikat izrail dalam bahasa arab, malaikat izrail disebut malaikat maut karena, malaikat izrail dalam al quran, malaikat izrail dalam bahasa inggris, malaikat izrail ditampar, malaikat izrail in english, malaikat izrail foto, fakta malaikat izrail, profil malaikat izrail, malaikat izrail gambar, gelar malaikat izrail, gambaran malaikat izrail, malaikat izrail heran ketika datang ke rumah nabi sulaiman, malaikat izrail hadits, apakah malaikat izrail hanya satu, hikmah malaikat izrail, hadits malaikat izrail, hizib malaikat izrail, malaikat izrail islam, tugas malaikat izrail adalah, malaikat izrail vs iblis, malaikat izrail dan nabi idris, wujud malaikat izrail menurut islam, malaikat izrail disebut juga, julukan malaikat izrail, jumlah malaikat izrail, malaikat jibril dan izrail, jibril malaikat izrail, lagu malaikat izrail, kisah malaikat izrail, malaikat izrail ketika, malaikat izrail melihat kita, tentang malaikat izrail, kematian malaikat izrail, sejarah malaikat izrail, malaikat izrail lagi panen, malaikat izrail memiliki nama lain, lagu malaikat izrail datang memanggil, malaikat izrail mencabut nyawa, malaikat izrail menjumpai manusia ketika, malaikat izrail mencabut nyawanya sendiri, malaikat izrail mendatangi manusia dalam keadaan yang sangat mengerikan ketika, malaikat izrail mencabut nyawa malaikat jibril, malaikat izrail meniup sangkakala sebanyak, malaikat izrail mendatangi manusia dalam sehari, malaikat izrail ngambek, malaikat izrail mencabut nyawa seseorang sesuai waktu yang ditentukan oleh, malaikat izrail mencabut nyawa orang beriman dengan cara, adakah malaikat izrail, yang mencabut nyawa malaikat izrail, malaikat izrail panen, malaikat izrail perilaku yang dapat diterapkan, malaikat izrail dalam al-quran, qosam malaikat izrail, malaikat izrail rumaysho, rupa malaikat izrail, malaikat izrail saat mencabut nyawa, malaikat izrail sang pencabut nyawa, malaikat izrail siapa, tugas malaikat izrail selain mencabut nyawa, malaikat izrail tugasnya, malaikat izrail tertawa, malaikat izrail tidak ada, malaikat izrail tulisan arab, malaikat izrail tersenyum, malaikat izrail bertugas untuk, ukuran malaikat izrail, debat sengit malaikat izrail vs calon jenazah, malaikat izrail wallpaper, malaikat izrail wikipedia, wujud malaikat izrail, wujud malaikat izrail ketika mencabut nyawa manusia, wajah malaikat izrail, siapa malaikat izrail, hadis tentang malaikat izrail, malaikat izrail yang, malaikat maut yang sebenarnya, nama malaikat izrail yang asli, tugas malaikat izrail yaitu, kisah malaikat izrail yang menangis dan tertawa saat mencabut nyawa, kisah malaikat izrail yang mencabut nyawanya sendiri, dzikir malaikat izrail, malaikat izrail menziarahi kita tiap 21 menit, 2 kelebihan malaikat izrail, 3 tugas malaikat izrail, sebutkan 3 cara malaikat izrail mencabut nyawa, malaikat izrail 70 kali, dalil nama malaikat izrail
LihatTutupKomentar