Tidak Bisakah Kamu Makan Kuning Telur ?

Tidak Bisakah Kamu Makan Kuning Telur - Ronies30


Telur merupakan salah satu makanan yang sering kita konsumsi. Telur tidak hanya rasanya yang enak dan mudah diolah, tetapi juga biasanya tersedia di mana-mana dengan harga yang terjangkau. Namun banyak orang yang menganggap kuning telur merupakan makanan yang tidak sehat sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi. Apakah anggapan ini benar ?

Benarkah Kuning Telur Berdampak Buruk Bagi Kesehatan ?

Ada banyak alasan mengapa orang berhenti mengonsumsi kuning telur. Namun, hal ini biasanya berkaitan dengan kandungan kalori dan lemak. Hal ini menyebabkan kuning telur menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi.

Pakar medis mengatakan anggapan tersebut tidak benar. Faktanya, semua kandungan dalam telur aman untuk semua orang, termasuk mereka yang sedang diet. Ngomong-ngomong, satu butir telur hanya memiliki 78 kalori. Artinya, kalori pada kuning telur sebenarnya tidak terlalu tinggi dan aman dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, telur kaya akan protein. Kandungan ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini akan menghindarkan Anda dari keinginan ngemil tidak sehat yang bisa berujung pada penambahan berat badan. Faktanya, telur efektif mendukung proses penurunan berat badan.

Apakah Kuning Telur Berhubungan Dengan Masalah Kolesterol Tinggi ?

Telur memang mengandung kolesterol, namun bukan berarti Anda harus menghindari makan telur untuk mencegah masalah kolesterol tinggi. Pasalnya, efek konsumsi kuning telur bagi kesehatan tidak terlalu besar. Artinya, selama konsumsi telur tepat, tidak berlebihan, dan tidak terlalu sering, tidak akan menimbulkan masalah kolesterol tinggi.

Faktanya, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi telur utuh, tidak hanya putih dan kuningnya saja, untuk mendapatkan nilai gizi yang maksimal. Dengan cara ini, Anda mendapatkan protein yang baik untuk kesehatan jaringan tubuh, vitamin dan kolin yang baik untuk kesehatan otak dan saraf, serta lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Berbagai Manfaat Kuning Telur Bagi Kesehatan

Pakar kesehatan menyebutkan, mengonsumsi kuning telur secara rutin memiliki beberapa manfaat.

Beberapa Manfaat Kuning Telur

1. Kandungan Vitamin D Yang Tinggi

Kandungan vitamin D yang sangat tinggi pada kuning telur mendukung kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin ini juga mendukung penyerapan kalsium. 

2. Kandungan Asam Lemak Omega-3 Yang Tinggi

Banyak orang yang mengatakan bahwa kuning telur memiliki kandungan lemak yang tinggi. Meskipun benar, sebagian dari lemak tersebut adalah asam lemak omega-3 yang sehat. Kandungan ini mendukung kesehatan otak dan fungsi memori serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan peradangan. 

3. Kandungan Kolin Yang Tinggi

Kolin, yang banyak terkandung dalam telur, membantu ibu hamil memiliki kehamilan yang sehat dan mengurangi risiko cacat neurologis pada janin. Meski kuning telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun pakar kesehatan mengatakan sebagian orang tidak boleh mengonsumsinya sembarangan. Misalnya, penderita diabetes tipe 2 atau penyakit jantung koroner sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Orang yang alergi telur juga sebaiknya menghindari telur untuk mencegah reaksi alergi, namun hal ini tidak boleh dianggap enteng.
LihatTutupKomentar