Tempat Dan Barang Yang Sering Terlupakan Saat Membersihkan Rumah

Tempat Dan Barang Yang Sering Terlupakan Saat Membersihkan Rumah - Ronies30


Ada beberapa area dan barang yang sering terlupa saat membersihkan rumah, namun ada juga area dan barang yang perlu diperhatikan, seperti:

Bagian Bawah Furniture

Membersihkan rumah merupakan tugas penting untuk menjaga kebersihan rumah, seperti menyapu, mengepel, dan merapikan lantai.

Saat memasuki suatu ruangan, Anda langsung melihat apa saja yang perlu dibersihkan. Misalnya di kamar mandi ada tumpukan cucian kotor, dan wastafel penuh dengan piring dan peralatan kotor.

Namun setelah membersihkan hal-hal yang sudah jelas, apakah Anda memperhatikan sisa ruangan? Faktanya, banyak area dan barang yang sering terlupa saat membersihkan rumah, padahal ada pula yang mendapat perhatian lebih.

Jika Anda melihat ke bawah tempat tidur atau sofa, Anda akan melihat banyak debu. Untungnya, ini bisa dibersihkan dengan penyedot debu atau pel debu.

Namun pernahkah Anda meluangkan waktu untuk melihat bagian bawah furniture Anda? Anda akan terkesima dengan pemilihan rangka tempat tidur, dudukan kursi, penyangga meja, dan banyak lagi.

Gunakan penyedot debu atau kemoceng setidaknya dua kali setahun untuk menghilangkan debu, kotoran, jaring laba-laba, dan telurnya.

Dinding dan Alas Tiang

Dinding juga sering menjadi tempat dan benda yang terlupakan saat membersihkan rumah, serta permukaan vertikal dan horizontal dapat menampung debu dan kotoran.

Buka tirai dan kerai, nyalakan semua lampu, dan Anda akan takjub melihat betapa halusnya dinding Anda. Wallpaper bertekstur menampung lebih banyak debu. Mulailah membersihkan dinding dan wallpaper dari atas dan lanjutkan ke bawah menggunakan kemoceng yang dapat menangkap partikel.

Terakhir, bersihkan kotoran dan kotoran di sekitar sakelar lampu dan gagang pintu.

Selesaikan pembersihan dinding, perhatikan alas tiang. Rak kecil ini dapat mengumpulkan banyak sekali debu.

Bagian Atas Kabinet, Pintu, dan Bingkai Foto

Pada ruangan dengan kelembapan tinggi, seperti dapur dan kamar mandi, sebaiknya lap alas tiang dengan kain lembab, karena kelembapan tersebut dapat menyebabkan debu menjadi kotoran dan menempel pada permukaan. Kita cenderung mengabaikan hal-hal yang berada di luar jangkauan pandangan kita, seperti puncak. Padahal, inilah area dan barang yang sering terlupakan saat membersihkan rumah.

Bersihkan bagian atas kusen pintu, lemari dapur, lemari tinggi, bingkai foto, dan sudut langit-langit secara teratur.

Saat Anda berada di sana, periksa juga pencahayaan dan kipas langit-langit. Kemoceng sekali pakai dengan pegangan yang dapat dipanjangkan adalah alat yang hebat untuk mengumpulkan debu dan sarang laba-laba. Jika tidak punya, gunakan kain mikrofiber bersih dan tempelkan pada gagang sapu atau pel dengan karet gelang.

Penyaring Udara dan Ventilasi

Salah satu area dan barang yang sering terlupakan saat membersihkan rumah berikutnya adalah filter udara dan exhaust fan. Jika rumah Anda memiliki pemanas sentral atau AC, terdapat saluran udara yang menghubungkan sistem tersebut ke setiap ruangan di rumah Anda.

Udara panas atau dingin yang telah diproses keluar dari ventilasi dan kembali ke sistem ventilasi.

Jika udara yang kembali ke sistem tidak disaring untuk menangkap partikel debu dan serbuk sari, mereka akan tertiup kembali ke tempat tinggal Anda. Ada banyak jenis filter, mulai dari filter HEPA yang sangat mahal hingga filter mesh yang murah. Apapun jenis yang Anda gunakan, filter harus diganti atau dibersihkan agar efektif.

Saat mengganti filter, luangkan waktu untuk membersihkan kisi-kisi ventilasi. Anda akan bisa bernapas lebih mudah dan debu di mana-mana akan berkurang.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan secara menyeluruh filter dan lubang pembuangan pada unit jendela tunggal. Menentukan kapan lemari Anda perlu dibersihkan itu mudah. Pakaian berguncang, rak menumpuk, dan barang-barang berjatuhan saat Anda membuka pintu.

Lantai Lemari Pakaian

Namun kapan terakhir kali Anda benar-benar membersihkan lemari pakaian Anda, termasuk lantainya? Lantai lemari Anda, apalagi jika berkarpet, bisa berdebu dan kotor karena kotoran yang dibawa dari luar bersama sepatu Anda. Bisa jadi menempel.

Karpet merupakan tempat berkembang biaknya jamur dan serangga seperti kumbang yang dapat menggerogoti pakaian kesayangan Anda. Setidaknya setiap musim, keluarkan semua pakaian Anda dari lemari dan bersihkan kamar Anda secara menyeluruh.

Ini juga saat yang tepat untuk membuang barang-barang yang tidak terlalu Anda perlukan, menyumbangkannya, dan menyimpan sisanya dengan benar.

Penyedot Debu dan Alat Pembersih

Penyedot debu yang kotor, seperti penyedot debu, hanya akan menyebarkan kotoran saat Anda menggunakannya. Tentu saja, membuat perlengkapan kebersihan merupakan salah satu hal yang sering terlupakan saat membersihkan rumah.

Tentu saja, kosongkan wadah sampah atau vakum kantong sekali pakai. Namun, mug harus dicuci dan dibersihkan secara menyeluruh setiap bulan. Sebagian besar produk dapat dicuci dengan air sabun panas dan dikeringkan.

Anda mungkin juga perlu membersihkan atau mengganti filter. Periksa batang atau sikat yang berputar untuk menghilangkan benang atau rambut yang kusut. Anda akan mendapatkan hasil pembersihan yang lebih baik dan lebih sedikit debu. Semua kepala pel dan sikat gosok harus dibersihkan dengan air panas dan deterjen disinfektan setelah digunakan. Pastikan spons kering setelah digunakan.

Tanaman Dedaunan

Salah satu tempat dan barang yang sering terlupakan saat membersihkan rumah adalah tanaman hias. Baik tanaman hias asli maupun buatan dapat mengumpulkan banyak sekali debu.

Bawa setiap tanaman keluar dan sirami daunnya. Jika tanaman terlalu berat untuk dipindahkan, seka setiap daun satu per satu dengan kain mikrofiber atau kemoceng sekali pakai.
LihatTutupKomentar