7 Pencegahan Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang wanita di Indonesia. Menurut situs resmi Kementerian Kesehatan RI, setidaknya ada 15.000 kasus kanker serviks di Indonesia setiap tahun. Meskipun menakutkan, kanker serviks pada dasarnya masih dapat dicegah. Cara Mencegah Kanker Serviks dengan Benar Simak ulasan selanjutnya!

Memahami Kanker Serviks

Sebelum Anda dapat mempelajari tentang pencegahan kanker serviks, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu kanker serviks. sistem reproduksi wanita. Serviks, atau leher rahim, terletak di antara vagina dan rahim.

Kanker ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Meskipun tidak semua wanita dengan HPV dapat mengembangkan kanker serviks, jika Anda pernah memiliki HPV, Anda berisiko tinggi terkena kanker serviks. Kanker serviks yang berkembang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker yang ditemukan sejak dini lebih mudah untuk diobati, tetapi akan lebih baik lagi bila kanker dapat dicegah sejak dini. Kanker serviks dapat menyerang semua wanita, sehingga pengetahuan tentang pencegahan kanker serviks juga harus diketahui oleh semua wanita,

1. Pap Smear Biasa

Pap smear secara teratur dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah kanker serviks. aktif sampai usia 65.

2. Skrining Rutin HPV

Selain tes Pap, tes HPV juga merupakan tes penting untuk mencegah kanker serviks

Seperti disebutkan di atas, kanker serviks disebabkan oleh HPV. dikombinasikan dengan Pap smear. Wanita di atas usia 30 tahun dianjurkan untuk melakukan tes HPV atau HPV dengan Pap smear setiap 5 tahun

3. Lakukan Vaksinasi Terhadap Kanker Serviks

Agen penyebab kanker serviks adalah HPV, jadi vaksin untuk mencegah kanker serviks adalah vaksin HPV.

HPV terdiri dari lebih dari 100 jenis, namun sebagian besar kanker serviks menyebabkan dua jenis, yaitu tipe 16 dan 18. Vaksin ini biasanya diberikan sebelum seseorang aktif secara seksual. Usia 913 adalah yang paling direkomendasikan karena vaksin pada usia ini dianggap lebih efektif untuk bekerja pada sistem kekebalan yang baik.

Jika terlambat untuk vaksinasi, wanita masih bisa mendapatkan vaksin ini hingga usia 26 tahun. Namun jika sudah aktif secara seksual, wanita mungkin ingin membiasakan diri melakukan Pap smear sebelum mendapatkan vaksinasi.

Vaksin HPV Bukan Hanya Untuk Wanita, Ini Juga Untuk Pria Vaksin HPV untuk pria membantu mencegah kutil kelamin, kanker penis, kanker dubur dan mencegah penularan HPV ke pasangan.

4. Hindari Hubungan Seks Tanpa Pengaman

Langkah pencegahan kanker serviks selanjutnya adalah menghindari hubungan seks tanpa pengaman.

HPV dapat ditularkan melalui hubungan seks, risiko ini tentu lebih tinggi jika tidak menggunakan kondom atau berganti pasangan. ditularkan melalui berbagai kontak seksual, termasuk kontak kulit ke kelamin, seks oral, seks vaginal, seks anal, hingga penggunaan mainan seks.

5.Hindari Rokok

Jika Anda tidak ingin terkena kanker serviks, Anda harus menahan diri dari merokok karena merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk kanker serviks.

Wanita yang merokok dan menghirup asap rokok memiliki peningkatan risiko kanker serviks wanita, yang merokok Wanita yang terinfeksi HPV Risiko lebih meningkat pada wanita yang merokok lebih banyak dan lebih lama.

6.Makan Makanan Yang Bergizi

Makanan dengan gizi seimbang dapat menjadi makanan untuk mencegah kanker serviks.

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, jangan lupa untuk menghindari berbagai makanan yang dapat menyebabkan kanker.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan Anda kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan dapat menjadi cara alami untuk mencegah kanker serviks. Makanan tinggi lemak trans, makanan olahan dan minuman yang mengandung pengawet, alkohol dan pati tinggi harus dihindari atau dibatasi karena dapat menyebabkan kanker.

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal juga dapat menjadi tindakan pencegahan untuk serviks kanker.

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, termasuk kanker serviks. Berat badan yang di bawah ideal juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Berat badan ideal dapat dipertahankan melalui diet seimbang dan olahraga teratur.

Ada beberapa cara pencegahan kanker serviks yang dapat dilakukan oleh setiap wanita. Kanker serviks dapat menyerang siapa saja, sehingga setiap wanita harus mewaspadai penyakitnya. Gaya hidup sehat sangat membantu dalam mencegah kanker serviks.

Kanker serviks seringkali tidak menimbulkan gejala pada stadium awal dan baru dikenali pada stadium lanjut. pengobatan lebih cepat.
LihatTutupKomentar