Bisakah Kacang Tanah Menurunkan Kolesterol Jahat ?

Siapa yang tidak suka makan kacang ? Padahal, makan kacang tanah bisa berdampak buruk bagi penderita alergi, namun secara umum kacang tanah aman dan enak untuk dikonsumsi. Banyak orang menyebutnya sebagai hobi, bahwa kacang dapat menurunkan kolesterol ?

Dampak Konsumsi Kacang Pada Kadar Kolesterol

Dalam kacang-kacangan, apapun jenisnya, terdapat kandungan protein nabati yang sangat tinggi. Selain itu, kita juga menemukan antioksidan berupa polifenol dan asam pcoumaric, sejenis senyawa asam yang baik untuk kesehatan. kacang tanah dipanggang, kandungan pcumaric meningkat secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan kadar antioksidan meningkat sebanyak 22 persen, atau setara dengan buah-buahan sehat seperti blueberry dan stroberi.

Kacang panggang tanpa bumbu atau rasa tambahan sangat bagus untuk arteri yang sehat. Jika kita hanya mengonsumsi satu setengah cangkir, kita bisa mendapatkan hingga satu sendok makan lemak tak jenuh tunggal dengan jumlah yang setara dengan minyak zaitun. Kehadiran lemak tak jenuh tunggal kemudian dapat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kacang tanah juga sangat kaya akan niacin, kadar ini dapat memulihkan sel yang rusak atau memastikan proses regenerasi sel berjalan dengan baik, yang dapat memberikan efek positif dalam mengurangi risiko terkena alzheimer atau penyakit degeneratif lainnya.

Kacang juga kaya akan vitamin E, yang dikenal dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker. Artinya, konsumsi kacang secara teratur juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar.

Kita juga dapat mengekstrak bahan sehat lainnya dari kacang. Misalnya, kita bisa mendapatkan kalsium dan zat besi, tingkat yang biasanya ditemukan dalam susu, yang baik untuk kesehatan darah dan tulang, 14 persen, dan mengurangi risiko stroke dan kanker usus besar.

Manfaat Yang Didapatkan Dalam Kacang Tanah

Selain manfaat kesehatan di atas, para ahli kesehatan mengatakan masih banyak manfaat kesehatan lain yang bisa didapat dari mengonsumsi kacang tanah secara rutin.

Di antaranya adalah,

1. Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Kacang tanah sangrai sebagai pengganti kacang goreng ditambahkan dengan tepung atau bumbu lainnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan adanya serat dan mangan, yang dapat membantu mengurangi kelebihan glukosa dalam tubuh. Ini kemudian memiliki efek signifikan pada kadar gula darah.

2. Dapat Membantu Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Konsumsi kacang tanah secara teratur juga dapat membantu mencegah masalah penuaan dini pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya vitamin E yang mampu memberikan manfaat kesehatan kulit. Selain vitamin E, kita juga bisa mendapatkan vitamin B, yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang sama.

3. Dapat Mengurangi Risiko Pembentukan Batu Empedu

Pakar kesehatan menyebut kandungan di dalam kacang bisa mencegah datangnya infeksi di dalam kantung empedu dan mencegah terbentuknya batu empedu.

4. Dapat Membantu Mencegah Kanker

Untuk mencegah kanker, kita perlu melakukan perubahan gaya hidup agar benar-benar sehat, tetapi kesehatan para ahli mengatakan kebiasaan makan kacang, yang tinggi asam pcoumaric, mungkin berperan dalam mengurangi risiko kanker.