Bisakah Telur Ikan Menyebabkan Kolesterol Tinggi ?

Tidak hanya daging ikan, telur ikan juga  memiliki rasa yang sangat gurih yang disukai  banyak orang. Bahkan, kita merasa beruntung ketika menemukan ikan yang masih memiliki telur di perutnya, karena kita  bisa menikmati kelezatannya. Namun, benarkah  banyak orang mengira telur ikan jika dikonsumsi  berlebihan bisa menyebabkan kolesterol tinggi ?

Berbagai Nutrisi  Ditemukan  Dalam Telur Ikan

Banyak sekali olahan makanan yang bisa dibuat dari telur ikan, misalnya telur ikan goreng atau sushi bisa dibuat dari  makanan tersebut, tak disangka di balik kelezatan yang ditawarkan  telur ikan, kita juga  menemukan nutrisi sehat di dalamnya.

Telur ikan mengandung banyak kandungannya yang tinggi, seperti protein, vitamin B2, B12, C, E, asam folat, fosfor, selenium, dan asam lemak omega-3, serta kandungan kalori, lemak dan karbohidratnya agak rendah. Ini berarti telur ikan cocok untuk semua orang, termasuk  yang sedang menjalani diet.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa 30 gram telur ikan mengandung 6 gram protein, yang hampir sama dengan  telur ayam seukuran telur ikan dan biasanya mengandung banyak protein. Jumlah antioksidan  tentu akan membantu melawan paparan  radikal bebas yang buruk yang dapat menyebabkan  penyakit.

Kehadiran antioksidan ini juga merangsang sistem kekebalan tubuh. Padahal, kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi membuat otak dan saraf lebih sehat. Produksi energi ditingkatkan dan  proses produksi sel darah merah dan DNA bekerja dengan lancar.

Hubungan Antara Makan Telur Ikan dan Kadar Kolesterol

Para ahli kesehatan mengatakan kadar  asam lemak omega-3 yang tinggi  dalam telur ikan dapat membantu tubuh mencegah  peradangan, penebalan, atau pembekuan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat  dalam tubuh.

Kandungan esicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA)  dalam telur ikan juga sangat baik untuk kesehatan otak. Jika kita mengkonsumsi 30 gram telur ikan,  kita sudah bisa mendapatkan 1.000 mg asam lemak omega-3, di antaranya 400 mg adalah EPA  dan DHA hingga 500 mg. Kandungan ini dapat membantu mencegah  penyakit jantung dan stroke.

Telur ikan dapat menyehatkan tulang dan persendian. Telur ikan mengandung astaxanthin, sejenis antioksidan yang sangat kuat dan memberikan warna kuning  yang khas pada kuning telur. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan  sistem kekebalan tubuh, tulang, dan persendian.

Meski sehat, Anda juga harus membatasi asupan ikan. Di balik manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh telur ikan, para ahli kesehatan mengatakan bahwa Anda harus membatasi konsumsi telur ikan karena tingginya kadar kolesterol, yaitu sekitar 165 miligram per 20 gram telur ikan. 3 asam lemak, bila dimakan berlebihan, asupan kolesterol Anda menjadi sangat tinggi, mendekati batas atas per hari, yaitu hanya 300 mg.

Tidak hanya itu,  telur ikan juga  cukup tinggi sodium. Mereka diproses dalam air asin. Ada bisa sampai 420 mg natrium dalam 30 gram telur ikan, hampir seperlima dari asupan garam harian maksimum.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url