Kisah Ibnu Syihab Az-Zuhri (Muhammad bin Muslim)



Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Muslim bin Ubaydillah bin Abdullah bin Syihab Az-Zuhri, biasa dipanggil dengan nama Abu Bakar dan lebih dikenal dengan nama Ibnu Syihab Az-Zuhri. Ia lahir pada tahun 50 Hijriyah.

Ia pernah bertemu dengan 10 orang sahabat dan meriwayatkan hadits dari mereka. Tercatat banyak pemuka ulama yang pernah meriwayatkan hadits darinya. Ia adalah ulama yang paling kuat hafalannya di masanya. Ia mampu menghafal Al-Qur'an dalam waktu 80 malam.

Ia pernah berkata, "Tidak ada sesuatu pun yang pernah kusimpan dalam memoriku kecuali hal tersebut masih aku hafal."

Ia adalah ulama pertama yang mengkodifikasikan hadits Nabi ﷺ, dan ia juga telah menghafal 2.200 hadits.

Ia mendatangi semua rumah Anshar, tua dan muda, laki laki dan perempuan, serta menanyakan hadits kepada mereka. Hadits-hadits riwayatnya diriwayatkan oleh pengarang Kutub As-Sittah.

Ia adalah orang yang paling tahu tentang masalah halal dan haram. Ia bermigrasi ke Syam, lalu menetap di sana. Ia pernah menjabat sebagai hakim pada masa pemerintahan Yazid bin Mu'awiyah.

Tentang Az-Zuhri, Imam Asy-Syafi'i pernah berkata, "Kalau bukan karena Az-Zuhri, niscaya sunnah akan lenyap dari Madinah."

Imam Malik berkata, "Ibnu Syihab Az-Zuhri adalah orang yang paling mengerti tentang sunnah, dan yang paling takwa yang tidak ada bandingannya."

Tentang Az-Zuhri, Imam Ahmad dan Ishaq bin Rahawih berkata, "Secara umum, jalur sanad hadits yang paling shahih adalah riwayat Az-Zuhri dari Salim dari ayahnya, Abdullah bin Umar."

Ibnu Syihab Az-Zuhri meninggal dalam sebuah peristiwa huru hara yang terjadi di pinggiran Palestina pada tahun 124 Hijriyah. Jasadnya dimakamkan di pinggir jalan raya agar orang yang lewat di jalan itu mendo'akannya.

muhammad bin muslim bin ubaidillah bin 'abdullah bin syihab az-zuhry adalah salah seorang pelopor, muhammad bin muslima, muhammad ibn muslim ibn shihab, ibnu syihab az zuhri dan musa bin uqbah merupakan dua orang yang menyusun buku tentang, ibnu syihab az zuhri dan musa bin uqbah, ibnu syihab az zuhri dan musa bin uqbah merupakan dua orang yg menyusun buku tentang, ibnu syihab az zuhri pdf, biografi ibnu syihab az-zuhri, siapakah ibnu syihab az-zuhri itu jelaskan, ibnu syihab az zuhri adalah, karya ibnu syihab az zuhri, ibnu zuhri, ibnu syihab az-zuhri dan musa bin uqbah adalah dua orang yang menyusun buku tentang, syihab az zuhri, kh ibnu ubaidillah syatori, muhammad ibnu syihab az zuhri, muhammad bin syihab az zuhri, hr ibnu abi syaibah, hr ibnu sunni, rs ibnu sina.

LihatTutupKomentar