Biografi Az Zuhri

Nama lengkapnya Muhammad bin Muslim bin Ubaydillah bin Abdullah bin Syihab Az Zuhri, biasa dipanggil Abu Bakar dan lebih dikenal dengan nama Ibnu Syihab Az Zuhri. Ia lahir pada tahun 50 Hijriyah.

Ia pernah bertemu dengan 10 orang sahabat dan meriwayatkan hadits dari mereka. Tercatat banyak pemuka ulama yang pernah meriwayatkan hadits darinya. Ia adalah ulama yang paling kuat hafalannya di masanya. Ia mampu menghafal Al Qur’an dalam tempo 80 malam.

Ia pernah berkata, "Tidak ada sesuatu pun yang pernah kusimpan dalam memoriku kecuali hal tersebut masih aku hafal."

Ia adalah ulama pertama yang mengkodifikasikan hadits Nabi ﷺ. Ia juga telah menghafal 2.200 hadits.

Ia mendatangi semua rumah Anshar, tua dan muda, laki laki dan perempuan, dan menanyakan hadits kepada mereka. Hadits hadits riwayatnya diriwayatkan oleh pengarang Kutub As Sittah.

Ia adalah orang yang paling tahu tentang masalah halal dan haram. Ia bermigrasi ke Syam, lalu menetap di sana. Ia pernah menjabat sebagai hakim pada masa pemerintahan Yazid bin Mu’awiyah.

Tentang Az Zuhri, Imam Ay Syafi’i pernah berkata, "Kalau bukan karena Az Zuhri, niscaya sunnah akan lenyap dari Madinah."

Imam Malik berkata, "Ibnu Syihab Az Zuhri adalah orang yang paling mengerti tentang sunnah, dan yang paling takwa yang tidak ada bandingannya."

Tentang Az Zuhri, Imam Ahmad dan Ishaq bin Rahawih berkata, "Secara umum, jalur sanad hadits yang paling shahih adalah riwayat Az Zuhri dari Salim dari ayahnya, Abdullah bin Umar."

Az Zuhri meninggal dalam sebuah peristiwa huru hara yang terjadi di pinggiran Palestina pada tahun 124 Hijriyah. Jasadnya dimakamkan di pinggir jalan raya agar orang yang lewat di jalan itu mendo’akannya.

Kata Kunci:
muhammad bin muslim bin ubaidillah bin ‘abdullah bin syihab az-zuhry adalah salah seorang pelopor, muhammad bin muslima, muhammad ibn muslim ibn shihab

Baca juga

Posting Komentar