Biografi Ibrahim An Nakha'iy

Ronies30
Ronies30
Nama sebenarnya adalah Abu Imran Ibrahim bin Yazid bin Qais an Nakha’iy al Kufy, beliau seorang ulama fiqh di Kufah dan seorang Tabi’in yang mulia.

Beliau sering menemui Aisyah, tetapi tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa ia menerima hadits dari Aisyah. Ia menerima hadits dari ulama ulama tabi’in diantaranya adalah Iqamah, Al Aswad, Abdurahman, Masruq, dan lain lainnya.

Hadits haditsnya diriwayatkan dari segolongan tabi’in, diantaranya adalah Abu Ishaq As Subai’iy, Habib bin Abi Tsabit, Samak bin Harb, al A’masy, dan Hammad bin Abu Sulaiman gurunya Abu Hanifah.

Ibrahim An Nakha’iy walaupun tidak meriwayatkan hadits dari seorang sahabat padahal ia menemui segolongan dari mereka. Namun, ia mempunyai kedudukan yang tinggi dalam bidang hadits dan dalam bidang ilmu riwayat.

Seluruh ulama sepakat menyatakan bahwa ia adalah seorang yang tsiqah dan seorang ahli dalam bidang fiqh.

Asy Sya’by pernah berkata,
"Tidak ada seorangpun yang masih hidup yang lebih alim dari pada Ibrahim, walaupun Al Hasan dan Ibnu Sirin."
Az Zuhrah pernah berkata,
"An Nakha’iy adalah salah seorang ulama terkenal."
Ibrahim An Nakha'iy wafat pada tahun 96 Hijriyah.

Kata Kunci:
ibrahim nakhai biography, ibrahim an nakha'i adalah tabi'in yang menjadi guru di daerah, ibrahim an nakha'i ibrahim al nakhai, biografi ibrahim an-nakha'i, imam ibrahim al nakhai, ibrahim ibn nakhai, ibrahim an-nakha'i adalah tabi'in yang menjadi guru di daerah

Komentar : Biografi Ibrahim An Nakha'iy