Malaikat Pegunungan

Malaikat pegunungan adalah Malaikat yang menjaga pegunungan.

Dikisahkan dari Aisyah Radhiyallahu 'Anha,
"Ia (Aisyah) bertanya kepada Nabi Muhammad ﷺ, "Apakah engkau mengalami hari yang sulit pada Pertempuran Uhud ?"

Nabi ﷺ menjawab, "Suku mu telah membuat saya banyak masalah, dan masalah yang lebih buruk ketika di hari Aqabah. Ketika saya memperkenalkan diri kepada Ibnu 'Abd Yalail bin 'Abd Kulal dan ia tidak menanggapi permintaan saya.

Kemudian saya berangkat dengan diliputi kesedihan yang berlebihan, saya tetap melanjutkan perjalanan dan tidak bisa bersantai sampai saya menemukan diriku sedang berada di Qarn Ath Thaalib. Ketika saya menengadahkan kepalaku ke langit untuk melihat awan yang membayangiku, secara tak terduga saat saya mendongak, melihat Jibril diatas awan.

Kemudian Jibril berkata kepadaku, "Allah telah mendengar apa yang telah dikatakan oleh umatmu dan apa yang telah mereka katakan kepadamu. Allah telah mengutus Malaikat Pegunungan kepadamu, sehingga engkau bisa memerintahkan dia untuk melakukan apapun yang engkau inginkan terhadap orang orang tersebut."

Kemudian Malaikat Pegunungan memanggil dan memberi hormat kepadaku dan berkata, "Ya Muhammad ! Perintahkan apa yang engkau mau, sesukamu, dan aku akan menimpakan Al Akh Shabain (dua gunung) kepada mereka."

Nabi ﷺ berkata, "Tidak ! Tetapi saya berharap Allah akan membiarkan mereka melahirkan anak anak yang akan menyembah Allah saja dan tidak akan menyembah selain kepada-Nya. (HR. Al Bukhari)