7 Kebiasaan Yang Berbahaya Bagi Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ rentan tubuh, terutama jika kita menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan ini sehingga membuat beban kerja dari organ ini meningkat. Bahkan, ini dapat memicu penyakit berbahaya.

Berbagai Kebiasaan Tidak Sehat Untuk Ginjal

Pakar kesehatan menyebut ginjal yang telah mulai rusak atau dipengaruhi oleh penyakit tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Ini tentu akan membuat berbagai jenis racun dalam tubuh semakin menumpuk dan pada akhirnya memiliki dampak buruk pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah 7 kebiasaan tidak sehat yang dapat membahayakan ginjal kita,

1. Sering Mengkonsumsi Makanan Garam Tinggi

Makanan dengan kandungan garam tinggi tidak hanya dapat ditemukan dalam hidangan yang dibuat sendiri atau di tempat makan. Pada kenyataannya ada banyak makanan kemasan yang juga tinggi garam seperti keripik, biskuit, dan lainnya. Sayangnya, kita tidak menyadarinya karena rasanya tidak selalu asin.

Tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan tinggi garam juga dapat membebani ginjal dan akhirnya mengurangi fungsinya secara signifikan. Faktanya, pakar kesehatan James Simon dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa hobi makan makanan garam tinggi dapat memicu peningkatan risiko mengembangkan batu ginjal.

Demi mempertahankan kondisi tubuh, para ahli kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan garam maksimum 2.300 mg setiap hari.

2. Malas Untuk Memeriksa Tekanan Darah Secara Teratur

Tekanan darah memiliki pengaruh besar pada kondisi ginjal secara keseluruhan. Jika kita mengalami masalah tekanan darah tinggi yang tidak terkendali, maka ini dapat memicu kerusakan pada pembuluh darah di ginjal dan akhirnya merusak organ ini. Masalahnya adalah bahwa banyak orang yang bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengalami masalah tekanan darah tinggi karena mereka tidak pernah memeriksanya.

Pastikan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah setidaknya satu tahun untuk mengetahui kondisi tekanan darah dalam tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga keseimbangannya.

3. Masih Merokok

Rokok dapat memiliki dampak kesehatan yang sangat besar untuk hampir semua bagian dan organ tubuh. Ini disebabkan oleh kemampuannya untuk memicu peningkatan tekanan darah dan merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal. Sebuah studi membuktikan bahwa hobi merokok hingga 16 tahun dapat meningkatkan risiko kanker ginjal sebesar 40 persen !

4. Kurangnya Minum

Tidak hanya akan menyebabkan kehausan atau dehidrasi, kurangnya minum juga dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal secara signifikan. Ini disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja keras untuk menyaring darah yang jauh lebih tebal karena cairan tubuh yang tidak seimbang. Inilah yang akhirnya mengurangi fungsinya secara signifikan.

5. Dengan Sembrono Minum Obat

Dengan sembrono mengambil obat penghilang rasa sakit tanpa memperhatikan dosis atau saran dokter dapat memicu kerusakan ginjal. Konsumsi obat dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter juga dapat menyebabkan hal yang sama. Ini disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja keras untuk memproses obat-obatan ini sehingga mereka pada akhirnya rentan terhadap kerusakan.

6. Kurang Tidur

Kurang tidur akan membuat ginjal menjadi lebih tegang dan tidak mendapatkan cukup waktu istirahat. Ini akhirnya dapat memengaruhi kerusakan signifikan pada organ ini.

7. Hobi Untuk Mengkonsumsi Alkohol

Tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan atau penyakit di hati, hobi mengkonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis hingga dua kali lipat !

ginjal adalah, penyakit berbahaya, pada ginjal, sehat ginjal, untuk ginjal.
LihatTutupKomentar