11 Manfaat Buah Bacang Untuk Kesehatan Yang Sejenis Buah Mangga

Kalau selama ini kita mengenal bacang atau lebih tepatnya bakcang sebagai penganan khas masyarakat Tionghoa yang secara bentuknya sama dengan lontong, maka kita juga harus tahu bahwa nama bacang merujuk kepada sejenis buah-buahan yang masih satu jenis dengan buah mangga.

Jika dilihat dari manfaatnya, buah bacang ini tidak kalah dengan buah mangga tersebut, Apa saja manfaat buah bacang ? Yuk simak artikelnya dibawah ini,

Kandungan Buah Bacang

Seperti yang sudah dikatakan di atas, buah bacang merupakan buah yang masih sama jenisnya dengan buah mangga. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuk buah, warna kulit, serta daging buah, sampai tekstur buah bacang yang sekilas memang terlihat sama dengan buah mangga.

Perbedaan keduanya mungkin bisa diketahui dari rasanya yang tidak sama. Selain itu, buah bacang cenderung berwarna kuning pucat ketika matang, sedangkan buah mangga cenderung berwarna orange.

Buah bacang (Mangifera foetida lour) dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, sama seperti buah mangga. Manfaat buah bacang tersebut tidak lepas dari kandungan sejumlah zat yang penting diantaranya,
  • Air (72,2 gram
  • Karbohidrat (24,4 gram)
  • Protein (1,4 gram)
  • Lemak (0,2 gram)
  • Kalsium (21 miligram)
  • Fosfor (15 miligram)
  • Vitamin A (1218 IU)
  • Vitamin B1 (0,03 miligram)
  • Vitamin C (56 miligram)
  • Kalori (98 Kkal)

Manfaat Buah Bacang Untuk Kesehatan

Atas kandungan zat-zat tersebut diatas, buah bacang bisa mengandung banyak manfaat kalau kita mengonsumsinya secara rutin. Berikut dibawah ini adalah daftar manfaat penting buah bacang yang perlu untuk kita diketahui,

1. Membantu Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kita kekurangan cairan. Hal tersebut akan memunculkan sejumlah gejala yang cukup mengganggu, seperti badan terasa lemas serta kepala terasa pusing. Untuk mengatasi dehidrasi, tentunya kita perlu memperbanyak asupan cairan ke dalam tubuh kita bukan ?

Buah bacang ini adalah salah satu solusi efektif untuk mengatasi dehidrasi. Manfaat buah bacang yang satu ini sudah jelas, yaitu dikarenakan kandungan airnya yang sangat banyak, yakni mencapai 72,2 gram. Sekalipun kita sedang tidak dehidrasi, tetap perlu mengkonsumsi buah bacang supaya kadar cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi sehingga terhindar dari dehidrasi.

2. Membantu Menjaga serta Mengoptimalkan Stamina Tubuh

Ingin stamina tubuh tetap terjaga agar semua aktivitas yang kita jalani berjalan lancar ? Jangan lupa untuk memasukkan buah bacang sebagai salah satu menu sehat harian. Kandungan karbohidrat dalam buah bacang adalah penghasil manfaat buah bacang yang satu ini.

Meskipun demikian, jangan hanya bergantung pada buah bacang. Pastikan kita tetap mengimbanginya dengan mengkonsumsi sumber energi lainnya agar memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat.

3. Membantu Dalam Program Diet

Buah bacang merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh kita. Hal tersebut disebabkan karena buah bacang mengandung kalori yang cukup dimana kalori tersebut berfungsi sebagai bahan bakar. Meskipun demikian, kandungan lemak dalam buah bacang tersebut tergolong sedikit.

Buah bacang menghasilkan manfaat untuk menjaga supaya berat badan tidak mengalami peningkatan. Bagi kita yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, maka perlu untuk memasukkan buah bacang dalam menu sehat sehari-hari agar rencana dietnya berjalan lancar.

4. Membantu Menjaga Otak

Dari sekian banyak vitamin otak yang alami, buah bacang ini adalah salah satunya. Mengonsumsi buah bacang secara rutin dipercaya mampu merawat fungsi otak, termasuk mencegahnya dari berbagai penyakit seperti Alzheimer, bahkan tumor otak sekalipun.

Manfaat buah bacang untuk otak ini tidak lepas dari peran vitamin C, yang dimana vitamin tersebut mempunyai sifat antioksidan sehingga sangat efektif dalam melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya.

5. Membantu Menjaga Paru-Paru

Selain untuk menjaga otak, organ vital lainnya yang bisa dijaga kesehatan serta fungsinya dengan mengonsumsi buah bacang ialah paru-paru. Kandungan air yang melimpah dalam buah bacang menjadi alasan mengapa buah tersebut perlu kita konsumsi jika ingin organ pernapasan kita terhindar dari komplikasi kesehatan.

Tetapi, studi yang secara khusus meneliti tentang manfaat buah bacang ini belum banyak, sehingga efektivitasnya belum bisa dikatakan kuat. Untuk itu, jangan hanya mengandalkan buah bacang untuk menjaga paru-paru kita. Imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan bergizi lainnya serta hindari kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi merusak paru-paru, seperti merokok.

6. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Darah memegang peranan penting untuk keberlangsungan fungsi tubuh. Alasannya, darah tersebutlah yang menjadi kendaraan bagi oksigen serta juga nutrisi untuk menuju organ-organ tubuh kita. Sebagaimana diketahui, organ tubuh memerlukan asupan oksigen serta nutrisi supaya bisa tetap bekerja secara optimal.

Lalu, apa korelasi diantara lancarnya peredaran darah dengan buah bacang ? Jawabannya adalah buah bacang mengandung banyak air, sementara 82 persen kandungan darah kita adalah air. Jika kadar air di dalam darah sedikit, maka hal tersebut berimbas pada tidak lancarnya aliran darah menuju organ tubuh. Oleh karena itu, air dalam buah bacang bermanfaat untuk membantu pemenuhan asupan air bagi darah.

7. Membantu Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah bacang juga menghasilkan manfaat buah bacang lainnya yang tidak kalah pentingnya, yaitu membantu menjaga serta mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sebagaimana kita ketahui, sistem kekebalan tubuh atau autoimun merupakan penjagaan paling utama tubuh terhadap serangan penyakit yang umumnya berasal dari mikro organisme jahat seperti virus, bakteri, atau jamur. Oleh karena itu, perkuatlah pertahanan tubuh kita tersebut dengan mencukupi asupan vitamin C, salah satunya dengan mengkonsumsi buah bacang.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu-ibu hamil tentu saja membutuhkan banyak asupan nutrisi serta vitamin guna untuk menjaga diri dan juga bayinya yang tengah dikandungnya supaya tetap sehat.

Buah bacang memiliki paket lengkap yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil. Ada beberapa manfaat buah bacang untuk ibu hamil diantaranya,
  • Menjadi sumber energi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengoptimalkan pertumbuhan janin

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan, maka perlu memasukkan buah bacang ini dalam daftar menu sehat sehari-hari.

9. Membantu Untuk Menetralisir Racun

Mengkonsumsi buah bacang setiap hari juga diklaim efektif untuk meningkatkan kinerja organ hati (liver). Dengan begitu, racun-racun yang ada dalam tubuh bisa dinetralisir dengan baik sebelum nantinya akan membahayakan tubuh.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah bacang yang satu ini, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengkonsumsi buah bacang guna untuk menjaga serta mengoptimalkan fungsi organ hati.

10. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Berbicara mengenai kesehatan mata, maka hal tersebut tidak lepas dari vitamin A sebagai vitamin yang memang salah satu fungsi utamanya ialah untuk merawat kesehatan mata. Buah bacang juga termasuk dalam buah yang banyak sumber vitamin A. Untuk setiap 100 gram buah bacang terdapat sekitar 1218 IU di dalamnya, jumlah yang cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin A.

Konsumsilah buah bacang setiap hari supaya mata kita selalu sehat. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai manfaat vitamin A lainnya jika mengkonsumsi buah bacang diantaranya,
  • Mengoptimalkan pertumbuhan tulang
  • Mencegah timbulnya jerawat
  • Membantu pertumbuhan janin
  • Membentuk serta merawat tulang

11. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Adanya mineral berupa kalsium dan fosfor dalam buah bacang menjadikan buah tersebut berefektif untuk membantu membentuk serta menjaga kesehatan serta kekuatan tulang maupun gigi.

Selain hal tersebut, fosfor dalam buah bacang juga berfungsi untuk mengoptimalkan  fungsi ginjal, membantu pembentukan DNA, sampai menjaga fungsi otot dan saraf. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan buah yang satu ini.

Itulah dia 11 manfaat buah bacang untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat !
LihatTutupKomentar