Biografi Al Qadhi ’Iyas

Ronies30
Ronies30
Nama lengkapnya Iyas bin Mu’awiyah bin Qurrah Al Muzani, biasa dipanggil Abu Wailah dan masyhur dengan nama Al Qadhi ’Iyas. Ia lahir pada tahun 46 Hijriyah. Ia pernah menjabat sebagai hakim di Bashrah.

Ia adalah sosok tabi’in yang terkenal cerdas dan jenius.

Suatu hari, ada beberapa orang yang mengatakan kepada Iyas, "Anda adalah orang yang tidak memiliki cacat, selain itu juga Anda suka kagum dengan pendapatmu sendiri." "Apakah kalian kagum terhadap pendapat yang kusampaikan ?"tanya Iyas. "Ya," jawab mereka. "Kalau begitu halnya, maka aku lebih pantas kagum terhadapnya," kata Iyas.

Ia penah berkunjung ke kota Wasith. Setelah sekian hari tinggal di kota tersebut, ia mengatakan kepada para penduduk setempat, Sejak aku tiba di kota ini, aku sudah tahu orang orang baik dan orang orang jahat di kota ini."

"Bagaimana Anda bisa tahu hal itu ? tanya mereka. Ia menjawab, "Dulu kami datang ke sini dan bersama kami terdapat orang orang baik dan merekalah yang melahirkan orang orang baik kalian. Dulu kami juga datang ke sini bersama orang orang jahat dan merekalah yang melahirkan orang orang jahat kalian. Maka dari itu, aku tahu bahwa orang orang baik kalian adalah keturunan dari orang orang baik kami, dan begitu halnya dengan orang orang jahat kalian."

Tentang Iyas, Al Jahizh pernah berkata, "Iyas adalah salah satu di antara kebanggan kabilah Madhar dan termasuk hakim terkemuka mereka."

Ia meriwayatkan hadits dari ayahnya, Mu’awiyah, dari Anas, Sa’id bin Musayyab, dan Sa’id bin Jubair. Di antara perawi yang meriwayatkan hadits darinya adalah Syu’bah, Khalid Al Hadzdza’, dan lainnya. Hadits hadits riwayatnya diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Shahih nya.

Al Qadhi ’Iyas meninggal di kota Wasith.

>Kata Kunci:
kisah iyas al qadhi, al qadhi iyadh, biografi al-qadhi 'iyadh, siapa al qadhi iyadh

Komentar : Biografi Al Qadhi ’Iyas