Kisah Hasan Al-Bashri



Nama lengkapnya Hasan bin Yasar Al-Bashri, biasa dipanggil Abu Sa'id. Ia dilahirkan di Madinah pada tahun 21 Hijriyah pada masa pemerintahan Umar bin Al-Khathab. Ayahnya, Yasar adalah maula Yazid bin Tsabit, dan ibunya, Khairah, adalah maulah Ummu Salamah, Ummul Mukminin.

Ia menghafal Al-Qur'an pada masa pemerintahan Utsman bin Affan. Ia adalah ulama terkemuka Bashrah yang terkenal fasih dan termasuk seorang ahli hikmah. Ia pernah menjadi sekertaris gubernur Khurrasan, Rabi' bin Ziyad, pada masa pemerintahan Mu'awiyah bin Abi Sufyan.

Ia sering ikut berperang dan berjihad di jalan Allah.

Ia pernah mengatakan, "Dirham tidak akan membuat seorang mulia, melainkan justru dia akan dihinakan Allah."

Tentang Hasan Al-Bashri, Imam Nawawi pernah berkata, "Hasan Al-Bashri adalah seorang ulama yang ensiklopedik, memiliki derajat yang tinggi, faqih, tsiqah, terpercaya, ahli ibadah, pengetahuannya luas, tutur katanya fasih, dan berwajah tampan."

Imam Al Ghazali pernah berkata, "Hasan Al-Bashri adalah orang yang paling mirip perkataannya dengan perkataan para Nabi ﷺ dan orang yang paling dekat petunjuknya dengan petunjuk pada sahabat."

Maslamah bin Abdul Malik pernah berkata, "Bagaimana mungkin suatu kaum akan sesat jika di tengah-tengah mereka ada orang seperti Hasan Al-Bashri."

Ia adalah seorang ulama yang berwibawa dan memiliki derajat yang tinggi. Ia sering menemui para penguasa dan menyuruh mereka berbuat makruf dan mencegah mereka dari perbuatan munkar. Ia tidak pernah merasa takut menghadapi siapa pun.

Ia pernah ikut berperang bersama sekelompok sahabat untuk membebaskan wilayah Khurrasan. Di dalam medan pertempuran, ia adalah seorang prajurit yang pemberani.

Yazid bin Hausyab berkata, "Aku belum pernah melihat orang yang paling takut terhadap neraka selain Hasan Al-Bashri dan Umar bin Abdul Aziz. Karena saking takutnya, seolah neraka tidak dicipta kecuali untuk mereka berdua."

Suatu hari, Hasan Al-Bashri menangis.

Lalu ada yang bertanya, "Apa faktor yang membuatmu menangis, wahai Hasan ?"

Ia menjawab, "Aku khawatir besok Allah Subhanahu Wa Ta'ala melemparkan ku ke dalam api neraka, dan Dia tidak peduli."

Tatkala Umar bin Abdul Aziz terpilih menjadi khalifah, ia melayangkan sepucuk surat kepada Hasan Al-Bashri.

Dalam surat tersebut, Umar menulis, "Aku telah diuji dengan jabatanku yang baru ini, maka bantulah aku untuk mencari orang-orang yang dapat membantuku menjalankan pemerintahan.

Hasan menjawab, "Orang-orang yang cinta dunia pasti tidak engkau kehendaki, sementara orang orang yang cinta akhirat pasti tidak ingin membantu engkau dalam pemerintahan. Karena itu, hendaklah engkau memohon pertolongan dari Allah."

Ia meriwayatkan hadits dari Imran bin Hushain, Mughirah bin Syu'bah, dan Nu'man bin Basyir. Di antara perawi yang meriwayatkan hadits darinya adalah Malik bin Dinar, Hamid Ath-Thawil, dan Abu Asyhab.

Hasan Al-Bashri meninggal di Bashrah pada tahun 110 Hijriyah dalam usia 89 tahun.

Jika ditemukan nama Al-Hasan di dalam kitab-kitab fiqih, hadits, biografi perawi hadits, zuhud, akhlak, dan tashawuf, maka yang dimaksud adalah Hasan Al-Bashri.

hasan al bashri quotes, hasan al bashri merupakan ilmuwan dalam bidang, hasan al bashri berkata, hasan al bashri adalah seorang ahli ilmu tasawuf, inti ajaran hasan al basri adalah, hasan al bashri adalah, hasan al bashri adalah seorang ahli di bidang, hasan al bashri adalah tokoh dalam bidang ilmu, hasan al bashri dan ajarannya, biografi hasan al bashri dan ajarannya, hasan al bashri biografi, biografi hasan al bashri pdf, biodata hasan al bashri, biografi hasan al bashri, kata hasan al bashri, hasan al bashri cerita, kisah cinta hasan al bashri, pesan imam hasan al bashri, al imam hasan al bashri, pesan hasan al bashri, perkataan imam hasan al bashri, al hasan al bashri, quotes from hasan al bashri, profil hasan al bashri, siapa hasan al bashri, hadits hasan al bashri, hadits imam hasan al bashri riwayat hidup hasan al bashri, hasan bashri, siapakah hasan al bashri itu, hasan al bashri tabi'in, kisah hasan al bashri, nama lengkap hasan al bashri, al hasan al bashri rahimahullah, al hasan al bashri berkata, kisah al hasan al bashri, ucapan hasan al bashri, nasab hasan al bashri, hasan al bashri pdf, perkataan hasan al bashri, pemikiran hasan al bashri, hasan al bashri rahimahullah, syaikh hasan al bashri, tokoh hasan al bashri, ulama hasan al bashri, kisah ulama hasan al bashri, siapakah hasan al bashri, kata imam hasan al bashri, hasan al bashri tokoh sufi yang mengajarkan tentang.

LihatTutupKomentar