Biografi Khalid bin Yazid

Nama lengkapnya Khalid bin Yazid bin Mu’awiyah bin Abi Sufyan Al Umawi Al Qurasyi, biasa dipanggil Abu Hasyim dan digelari Hakim Quraisy (filsuf Quraisy).

Ia adalah filsuf pertama dalam Islam. Ia adalah penterjemah pertama dalam Islam. Ia pernah menyuruh beberapa orang Yunani untuk menterjemahkan buku buku Kimia dari bahasa Ibrani ke dalam bahasa Arab.

Ia adalah orang yang pertama kali menerjemahkan buku buku tentang astrologi, kedokteran dan kimia. Ia adalah gurunya Jabir bin Hayyan. Ia adalah sosok yang mulia, memiliki kemauan keras dan cinta ilmu.

Ia pernah mengutus seorang delegasi untuk menemui pendeta Moorianes, dekat Bait Al Maqdis, dalam rangka untuk mengajarinya tentang ilmu kimia. Si pendeta adalah seorang pakar kimia. Mereka berdua memiliki sebuah karya tulis yang berjudul "Nasy’ah Al Kimia (Perkembangan Ilmu Kimia)."

Tentang Khalid, Adz Dzahabi pernah berkata, "Ia termasuk seorang ulama yang taat menjalankan ibadah dan intelek."

Ibnu Nadim pernah berkata, "Khalid bin Yazid adalah sosok yang mulia, punya kemauan keras, dan cinta ilmu pengetahuan."

Suatu hari, ia pernah ditanya, "Apakah sesuatu yang paling dekat ?" "Ajal," jawabnya. Lalu ia ditanya lagi, "Apakah sesuatu yang paling jauh ?" "Cita cita, jawabnya. Kemudian ia ditanya lagi, "Apakah sesuatu yang paling diharapkan ?" "Amal," jawabnya.

Ia pernah berkata, "Jika ada orang yang terbelenggu, tertipu, dan kagum terhadap pendapatnya sendiri, maka sempurnalah kerugiannya."

Ia termasuk ulama yang banyak menelorkan karya tulis. Di antaranya Ru’us Al Hikmah, Diwan An Nujum, dan lain sebagainya.

Di Mesir, terdapat kabilah yang dinamakan dengan Bani Khalid yang dinisbatkan pada namanya.

Ia meriwayatkan hadits dari ayahnya, Yazid, dan dari Dihyah. Di antara perawi yang meriwayatkan hadits darinya adalah Raja’ bin Haiwah, Az Zuhri, Ali bin Rabah, dan lainnya.

Khalid bin Yazid meninggal di Damaskus pada tahun 90 Hijriyah.

Kata Kunci:
khalid bin yazid ahli, khalid bin yazid adalah orang yang pertama menerjemahkan buku, khalifah khalid bin yazid terkenal sebagai, karya khalid bin yazid, khalid bin yazid bin muawiyah hidup pada masa, prince khalid bin yazid, khalid bin yazid bin muawiyah, khalid bin yazid al-qaysi, khalid bin yazid adalah, biografi khalid bin yazid

Baca juga

Posting Komentar