Kisah Ikrimah bin Abdullah



Nama lengkapnya Ikrimah bin Abdullah Al-Barbari, biasa dipanggil Abu Abdillah. Ia berasal dari keturunan Barbar, Maroko. Ia dilahirkan pada tahun 25 Hijriyah. Ia adalah maula Abdullah bin Abbas. Ibnu Abbas mengajarinya Al-Qur'an dan Sunnah, sehingga ia menjadi seorang ulama yang memiliki pengetahuan yang luas.

Ia adalah tabi'in yang paling mengerti tentang sejarah perjalanan hidup Nabi ﷺ, dan ia termasuk seorang hafidz, cerdas, kesatria, serta ahli ibadah.

Asy-Sya'bi pernah berkata, "Tidak ada orang yang masih hidup yang paling mengerti tentang Kitab Allah Subhanahu Wa Ta'ala selain Ikrimah."

Ia meriwayatkan hadits dari Ibnu Abbas, Abu Hurairah, Aisyah, dan lainnya. Di antara perawi yang meriwayatkan hadits darinya adalah Ibrahim An-Nakhai, Asy-Sya'bi, Amr bin Dinar, dan lainnya.

Ia merantau dari wilayah ke wilayah lainnya dalam rangka untuk menuntut ilmu serta memberi fatwa, dan ia pernah merantau ke Khurrasan, Isfahan, Mesir, Maroko dan Irak.

Yahya Al-Qaththan pernah berkata, "Terdapat 6 orang sahabat Ibnu Abbas, Mujahid, Thawus, 'Atha', Sa'id bin Jubair, Ikrimah, dan Jabir bin Zaid."

Ikrimah meninggal di Madinah pada tahun 105 Hijriyah.

ikrimah bin abdullah, ikrimah, cerita ikrimah bin abdullah, biografi ikrimah, wafatnya ikrimah bin abdullah, ikrimah bin abdullah masuk islam, riwayat hidup ikrimah bin abdullah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url