Tempat Yang Tidak Disukai Malaikat

Menurut syariat Islam, ada beberapa tempat dimana para malaikat tidak akan mendatangi tempat (rumah) tersebut dan ada pendapat lain yang mengatakan adanya pengecualian terhadap malaikat malaikat tertentu yang tetap akan mengunjungi tempat tempat tersebut.

Pendapat ini telah disampaikan oleh Ibnu Wadhah, Imam Al Khathabi, dan yang lainnya. Tempat atau rumah yang tidak dimasuki oleh malaikat itu di antara lain adalah:
  • 1. Tempat yang di dalamnya terdapat anjing, (kecuali anjing untuk kepentingan penjagaan keamanan, pertanian, dan berburu)
"Siapa yang menjadikan anjing [ kecuali anjing penjaga ternak atau anjing pemburu atau anjing penjaga tanaman ] niscaya berkuranglah satu qirath pahalanya setiap hari." (HR. Al Bukhari dengan seumpamanya dalam Adz Dzba’ih dan Ash Shaid [5480 - 5482], Muslim dalam Al Musaqat [1574])
Abu Haurairah mengatakan bahwa nabi Muhammad ﷺ bersabda,
Malaikat tidak akan menemani kelompok manusia yang di tengah tengah mereka terdapat anjing." (HR. Muslim)
  • 2. Tempat yang terdapat patung (gambar)
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan juga tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar (patung)." (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i, dan Ibnu Majah)
  • 3. Tempat yang di dalamnya ada seseorang muslim yang mengancungkan dengan senjata terhadap saudaranya sesama muslim
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Barangsiapa mengarahkan (mengancam) saudaranya (muslim) dengan benda besi (pisau misalnya), maka orang itu dilaknat oleh malaikat, sekalipun orang itu adalah saudara kandungnya sendiri. (HR. Muslim)
  • 4. Tempat yang memiliki bau tidak sedap atau menyengat
Nabi Muhammad ﷺ bersabda,
"Barangsiapa yang memakan bawang putih, bawang merah, dan makanan tidak sedap lainnya, maka jangan sekali kali ia mendekati (memasuki) masjid kami, karena sesungguhnya para malaikat terganggu dari apa apa yang mengganggu manusia." (HR. Bukhari dan Muslim)
Semuanya itu berdasarkan dalil dari hadits shahih yang dicatatat oleh para Imam, di antaranya adalah Imam Ahmad, Imam Hambali, Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, Imam Muslim, dan lainnya.

Tidak sedikit nash hadits yang menyatakan bahwa malaikat rahmat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan pahala pemilik anjing akan susut atau berkurang.

Malaikat Jibril pun enggan untuk masuk ke rumah Nabi Muhammad ﷺ sewaktu ia berjanji ingin datang ke rumahnya, dikarenakan ada seekor anak anjing di bawah tempat tidur ¹. Malaikat Rahmat pun tidak akan mendampingi suatu kaum yang terdiri atas orang orang yang berteman dengan (memelihara) anjing ².

Catatan

  1. Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ telah mengadakan perjanjian dengan malaikat Jibril, bahwa malaikat Jibril akan datang. Ketika waktu pertemuan itu tiba, ternyata Jibril tidak datang. Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, Rasulullah ﷺ bersabda, "Allah tidak mungkin mengingkari janjinya, tetapi mengapa Jibril belum datang ?" Ketika Rasulullah ﷺ menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. "Kapan anjing ini masuk ?" tanya beliau ﷺ. Aku (Aisyah) menjawab, "Entahlah." Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril. "Mengapa engkau terlambat ?" tanya Rasulullah ﷺ kepada malaikat Jibril. Malaikat Jibril menjawab, "Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)." (HR. Muslim)
  2. Abu Haurairah Radhiyallahu 'anhu mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Malaikat tidak akan menemani kelompok manusia yang di tengah tengah mereka terdapat anjing." (HR. Muslim)

Kata Kunci:
sebutkan tempat yang tidak disukai malaikat, tempat yang disukai malaikat brainly, tempat yang disukai oleh malaikat yaitu, mana sajakah tempat yang tidak disukai malaikat, sebutkan tempat yang tidak disukai oleh malaikat, sebutkan tempat tempat yang tidak disukai oleh malaikat, sebutkan 3 tempat yang tidak disukai oleh malaikat
LihatTutupKomentar