Malaikat Pemohon Kerahmatan

Pemohon Kerahmatan (Belas Kasih)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
هُوَ الَّذِيْ يُصَلِّيْ عَلَيْكُمْ وَمَلٰٓئِكَتُهٗ لِيُخْرِجَكُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ  ۗ وَكَا نَ بِا لْمُؤْمِنِيْنَ رَحِيْمًا

"Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang orang yang beriman." (QS. Al Ahzab 33 : Ayat 43)

Pemohon Ampunan Orang Beriman

Para malaikat yang terdapat disekeliling 'Arsy yang memohonkan ampunan bagi orang yang beriman. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
اَلَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهٗ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا  ۚ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَا غْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَا بُوْا وَا تَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَا بَ الْجَحِيْمِ

"(Malaikat malaikat) yang memikul 'Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka." (QS. Ghafir 40 : Ayat 7)

Pemohon Ampunan Manusia di Bumi

Para malaikat yang bertasbih memuji Allah Subhanahu wa Ta'ala dan memohonkan ampun bagi orang orang yang ada di bumi. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
تَـكَا دُ السَّمٰوٰتُ يَتَفَطَّرْنَ مِنْ فَوْقِهِنَّ وَا لْمَلٰٓئِكَةُ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِمَنْ فِى الْاَ رْضِ ۗ اَ لَاۤ اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

"Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Allah) dan malaikat malaikat bertasbih memuji Tuhannya dan memohonkan ampunan untuk orang yang ada di bumi. Ingatlah, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Asy Syura 42 : Ayat 5)

Pemohon Ampunan Para Lelaki yang Shalat di Masjid

Para malaikat yang mendoakan ampunan bagi para lelaki yang ikhlas salat berjamaah di masjid. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu berkata, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,
"Shalatnya seorang lelaki dengan berjamaah itu melebihi shalatnya di pasar atau rumahnya (secara sendirian atau munfarid) dengan dua puluh lebih (tiga sampai sembilan tingkat derajatnya). Yang sedemikian itu ialah karena apabila seorang itu berwudhu dan memperbagus kan cara wudhu nya, kemudian mendatangi mesjid, tidak menghendaki ke mesjid itu melainkan hendak shalat, tidak pula ada yang menggerakkan kepergiannya ke mesjid itu kecuali hendak shalat.

Maka tidaklah ia melangkahkan kakinya selangkah kecuali ia dinaikkan tingkatnya sederajat dan karena itu pula dilebur lah satu kesalahan dari padanya (yakni tiap langkah tadi) sehingga ia masuk mesjid.

Apabila ia telah masuk ke dalam mesjid, maka ia memperoleh pahala seperti dalam keadaan shalat, selama memang shalat itu yang menyebabkan ia bertahan di dalam mesjid tadi, juga para malaikat mendoakan untuk mendapatkan ke rahmatan Tuhan pada seorang dari engkau semua, selama masih berada di tempat yang ia shalat disitu.

Para malaikat itu berkata, "Ya Allah ! Kasihanilah orang ini, Ya Allah ! Ampunilah ia, Ya Allah ! Terimalah taubatnya."

Hal sedemikian ini selama orang tersebut tidak berbuat buruk (berkata kata soal keduniaan, mengumpat orang lain, memukul, dan lain lain), dan juga selama ia tidak ber hadats (tidak batal wudhunya)." (Muttafaq 'Alaih)
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Sesungguhnya malaikat mendoakan orang yang berada di tempat duduknya (untuk menunggu datangnya shalat berjamaah) selama belum ber hadats (batal wudhunya) dan malaikat berdoa, "Ya Allah ! Ampunilah segala dosanya, Ya Allah ! Sayangilah dia." (HR. Muslim)
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Sesungguhnya Allah bersama malaikat mendoakan kepada orang orang yang salat di shaf (barisan) pertama." (HR. Abu Daud)
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya mendoakan orang orang yang merapatkan barisan shalat. Barangsiapa yang menutup (merapatkan) barisan yang renggang, maka Allah akan mengangkat derajatnya." (HR. Ibnu Majah)

Pemohon Ampunan Pembesuk Orang Sakit

70 ribu malaikat yang mengiringi dan mendoakan ampunan bagi umat muslim yang membesuk orang sakit. Rasulullah ﷺ bersabda,
"Tiada seorang muslim pun yang membesuk saudaranya yang sakit, melainkan Allah mengutus baginya 70.000 malaikat agar mendoakannya kapan pun di siang hari hingga sore harinya, dan kapan pun di sore hari hingga pagi harinya." (Musnad Ahmad, Syeikh Ahmad Syakir mengatakan bahwa sanadnya shahih)
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Siapa yang membesuk orang sakit di pagi hari akan diiring oleh 70.000 malaikat, semuanya memohonkan ampun untuknya hingga sore hari, dan ia mendapat taman di jannah. Jika ia membesuknya di sore hari, ia akan diiring oleh 70.000 malaikat yang semuanya memintakan ampun untuknya hingga pagi, dan ia mendapat taman di jannah." (Musnad Ahmad, Syeikh Ahmad Syakir menilai hadits ini shahih)
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Tidak ada seorang laki laki pun yang menjenguk atau mengunjungi orang sakit pada sore hari, kecuali ia disertai oleh 70.000 malaikat yang memohonkan ampun atas dosa dosanya sehingga waktu pagi hari tiba, dan ia akan diberi musim yang sejuk kelak di hari kiamat, dan barang siapa yang menjenguk orang yang sakit pada pagi hari, maka ia akan diiringi oleh 70.000 malaikat yang memohonkan ampun atas segala dosa dosanya sehingga waktu sore tiba, dan kelak di surga ia akan diberi musim yang sangat sejuk." (HR. Abu Daud)

Pemohon Ampunan Orang yang Bershalawat Kepada Nabi ﷺ

Para malaikat yang mendoakan ampunan bagi orang orang yang bershalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ. Rasulullah ﷺ bersabda,
"Tidak ada seorang hamba yang mengucapkan shalawat kepadaku, kecuali akan didoakan oleh malaikat, selama ia bershalawat kepadaku. Maka hendaklah si hamba memperbanyak atau mempersedikit shalawat tersebut (semakin banyak shalawat, maka semakin banyak dan besar doa dari malaikat itu. Sebaliknya semakin sedikit, sedikit pula doa dari malaikat)" (HR. Ahmad)

Pemohon Ampunan Orang yang Mengajarkan Kebaikan

Para malaikat yang mendoakan ampunan bagi orang yang mengajarkan kebaikan kepada sesama manusia. Rasulullah ﷺ bersabda,
"Sesungguhnya Allah, malaikat-Nya, penghuni langit, dan bumi, bahkan semut yang berada di sarangnya, juga ikan, ikan, akan selalu mendoakan kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia." (HR. Imam Tirmidzi dari Abi Amamah)

Pemohon Ampunan Orang Tidur Dalam Keadaan Suci

Para malaikat yang berada didalam pakaian orang tidur dalam keadaan suci. Rasulullah ﷺ bersabda,
"Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, "Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci." (HR. Ibnu Hibban, hadits ini di shahihkan oleh Syeikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib)