Malaikat Penghormat Penuntut Ilmu

Malaikat penghormat penuntut ilmu merupakan para malaikat yang berhenti terbang karena ingin mendengarkan ilmu atau menghormati orang yang mencari ilmu pengetahuan.

Dari Zir bin Hubaisy berkata,
"Saya mendatangi Shafwan bin 'Assal perlu menanyakan soal mengusap dua buah sepatu khuf (bot). Shafwan berkata, "Apakah yang menyebabkan engkau datang ini, wahai Zir ?"

Saya menjawab, "Karena ingin mencari ilmu pengetahuan."

Ia berkata lagi, "Sesungguhnya para malaikat itu sama meletakkan sayap sayapnya (yakni berhenti terbang dan ingin pula mendengarkan ilmu atau karena tunduk menghormat) kepada orang yang menuntut ilmu, karena ridha dengan apa yang dicarinya."

Saya berkata, "Sebenarnya saya sudah tergerak dalam hatiku akan mengusap diatas dua buah sepatu khuf itu sehabis buang air besar atau kecil. Engkau adalah termasuk salah seorang sahabat Nabi ﷺ, maka dari itu saya datang ini untuk menanyakannya kepadamu. Apakah engkau pernah mendengar beliau ﷺ menyebutkan persoalan mengusap sepatu khuf itu darinya ?"

Shafwan menjawab, "Ya pernah. Rasulullah ﷺ menyuruh kita semua, jikalau kita sedang dalam bepergian, supaya kita jangan melepaskan sepatu khuf kita selama tiga hari dengan malamnya sekali, kecuali jika kita terkena janabah, tetapi kalau hanya membuang air besar atau air kecil ataupun karena sehabis tidur, tidak perlu dilepaskan..." (Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan lain lainnya. Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini adalah hasan shahih. Riyadush Shalihin Bab 2, Taubat Hadits Nomor 19)