Kata Mutiara Ali bin Abi Thalib Tentang Surga dan Neraka

"Begitu agung Al-Khaliq dalam hati mereka, sehingga segala sesuatu selain-Nya adalah kecil di mata mereka. Seakan-akan mereka telah melihat surga yang di dalamnya mereka merasakan segala kenikmatan. Seakan-akan mereka telah melihat neraka, yang di dalamnya mereka merasakan siksaannya. Had (batasan) mereka senantiasa diliputi oleh kesedihan. Tidak ada seorang pun yang merasa khawatir akan gangguan mereka dan badan-badan mereka kurus kering."

"Mengapa orang yang merdeka tidak meninggalkan sisa-sisa makanan ini (sesuatu yang tak berharga) kepada orang lain yang lebih pantas mendapatkannya ? Sesungguhnya tidak ada harga bagi diri kalian kecuali surga, maka janganlah kalian menjual diri kalian kecuali dengan surga itu."

"Bencana yang paling besar yang terdapat di neraka adalah mendapat hidangan berupa air yang mendidih, dibakar di dalam neraka, api neraka yang berkobar-kobar, dan dinding-dinding api yang menyala-nyala. Tidak ada selang waktu untuk beristirahat dan senda gurau di dalamnya."

"Cukuplah surga sebagai pahala dan anugerah, serta cukup pula neraka sebagai siksa dan bencana."

"Sungguh, aku belum pernah melihat orang yang menginginkan sesuatu tetapi tidur, sebagaimana orang yang menginginkan surga. Dan aku belum pernah melihat orang yang takut sesuatu tetapi tidak lari melainkan justru tidur, sebagaimana orang yang takut akan neraka."
LihatTutupKomentar