Kata Mutiara Ali bin Abi Thalib Tentang Zuhud

"Zuhud seluruhnya terdapat di antara dua kalimat dari ayat Al-Qur'an. Allah ﷻ berfirman, "Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu..." (QS. Al-Hadid 57 : Ayat 23)

Maka, barangsiapa yang tidak berduka atas apa yang telah lewat dan tidak terlalu bergembira dengan yang didapat, dia telah mengambil zuhud dalam kedua sisinya."

"Zuhud di dunia adalah pendek angan-angan, bersyukur ketika mendapatkan nikmat dan menjauhi segala hal yang haram."

"Zuhud adalah perbuatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah ﷻ."

"Tidak akan binasa orang yang hemat dan tidak akan menjadi miskin orang yang zuhud."

"Sebaik-baik zuhud adalah menyembunyikan zuhud."

"Zuhud adalah kekayaan."

"Orang yang zuhud terhadap dinar dan dirham adalah lebih mulia dari pada dinar dan dirham."

"Bersikap Zuhudlah di dunia, niscaya Allah ﷻ akan memperlihatkan kepadamu aib-aib dunia itu dan janganlah kamu lalai, maka sesungguhnya kamu bukanlah orang yang tidak mengerti akan dirimu sendiri."

"Beruntunglah orang-orang yang zuhud di dunia, yang merindukan kehidupan akhirat. Mereka adalah orang-orang yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan, tanahnya sebagai pijakan, airnya untuk bersuci, Al-Qur'an sebagai syi'arnya, dan doa sebagai bantalnya. Kemudian mereka meninggalkan dunia, sama sebagaimana yang ditempuh Al-Masih."

"Kekayaan yang paling mulia adalah meninggalkan banyak keinginan."

"Sesungguhnya orang-orang yang zuhud di dunia, hati mereka menangis walaupun mereka tertawa, kesedihan mereka bertambah walaupun mereka berbahagia, dan mereka membenci diri mereka walaupun mereka senang dengan rezeki yang dikaruniakan kepada mereka."

"Tidak ada kezuhudan (yang lebih utama) seperti kezuhudan terhadap segala hal yang haram."

"Imam Ali radhiyallahu 'anhu berkata dalam mensifati orang-orang yang zuhud, "Mereka adalah orang-orang yang tinggal di dunia, tetapi mereka bukan termasuk penghuninya, mereka hidup di dunia, tetapi mereka seperti bukan berasal dari dunia."

"Jika kamu tidak membutuhkan sesuatu, maka tinggalkanlah ia dan ambillah yang kamu butuhkan saja."
LihatTutupKomentar