10 Manfaat Minuman Beralkohol Untuk Kesehatan

Ketika mendengar minuman beralkohol, maka kita sepakat bahwa meminumnya adalah akan menyebabkan masalah pada tubuh kita. Namun, ternyata ada juga manfaat alkohol untuk kesehatan asalkan minum secukupnya saja.

Jika terlalu banyak meminum alkohol, maka akan beresiko pada gangguan penyerapan beberapa jenis vitamin dalam tubuh kita. Untuk itu beberapa asosiasi kesehatan dunia memberikan batasan anjuran dalam mengkonsumsi minuman beralkohol maksimal 1 sampai 2 gelas.

Manfaat Minuman Beralkohol bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi alkohol sesuai dengan batasan yang dianjurkan akan menghasilkan berbagai khasiat. Berikut dibawah ini 10 manfaat minuman beralkohol yang bisa kita dapatkan, diantaranya,

1. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Manfaat alkohol yang pertama bisa membuat jantung kita lebih sehat. Penelitian yang dilakukan oleh Europan Heart Journal mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sesuai anjuran maka akan menyebabkan arteri jantung berdilatasi serta melancarkan aliran darah pada jantung, sehingga bisa menurunkan sumbatan atau gumpalan darah pada pembuluh jantung.

2. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Beberapa jenis minuman anggur yang menggunakan tambahan buah bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Hal tersebut akan melindungi pembuluh darah jantung yang dimana baik untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah Dari Penyakit Kanker

Berkat senyawa fenol, manfaat minuman beralkohol berfungsi juga sebagai antioksidan yang mampu mencegah kolesterol jahat (LDL) beroksidasi yang bisa merusak fungsi pembuluh darah jantung. Sama dengan penjelasan sebelumnya, hal tersebut juga baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, senyawa fenol juga bisa mengurangi resiko penyakit kanker serta menurunkan pertumbuhan sel kanker payudara.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat meminum alkohol sehari ternyata dapat membantu dalam mencegah diabetes. Sebuah penelitian pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Diabetes Care, dikatakan bahwa meminum alkohol dalam jumlah sedang hingga satu gelas sehari untuk wanita, dan dua gelas sehari untuk pria, dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Alasannya, alkohol dapat menambah kadar hormon yang kemudian meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan kata lain, tubuh kita lebih mudah untuk memproses glukosa serta menggunakannya sebagai energi. Kondisi tersebut dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah dan pada akhirnya akan mengurangi resiko terkena diabetes.

5. Mencegah Gangguan Kognitif

Para peneliti dari Loyola University menemukan bahwa manfaat meminum alkohol dalam jumlah yang sedang atau moderat dapat menurunkan resiko gangguan kognitif, penyakit Alzheimer, serta bentuk lain dari demensia, sebayak 23 persen.

Para peneliti berhipotesis bahwa karena meminum alkohol dalam jumlah yang sedang dapat meningkatkan kolesterol serta dapat meningkatkan aliran darah menuju ke otak.

Manfaat meminum alkohol juga dapat memperkuat sel-sel otak, untuk mengatasi stres di kemudian hari yang bisa menjadi penyebab demensia.

6. Mengatasi Batu Empedu

Batu empedu ialah endapan keras seperti batu kerikil yang terbentuk dalam kantong empedu, biasanya terdiri atas kolesterol yang mengeras, hal tersebut bisa menjadi penyebab rasa sakit maupun kram di perut.

Hindari perasaan cemas, batu empedu bisa diatasi dengan cara meminum sedikit alkohol secara rutin. Hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat meminum alkohol dalam jumlah sedang (5 sampai 7 kali dalam satu minggu) bisa mengurangi resiko batu empedu. Sebaliknya, jarang minum alkohol (1 sampai 2 hari dalam satu minggu) tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan resikonya.

Manfaat alkohol juga bisa meningkatkan kolesterol baik dalam aliran darah, tentu kondisi tersebut juga bisa memengaruhi kolesterol dalam kantong empedu.

Selain hal tersebut, kelebihan berat badan adalah salah satu faktor resiko yang paling utama untuk membentuk batu empedu, jadi minumlah dengan jumlah yang sedang karena bisa mengurangi resiko dan juga biaa membantu untuk mempertahankan berat badan agar sehat.

7. Menurunkan berat badan

Alkohol adalah nutrisi kedua yang paling kaya kalori setelah lemak (mengandung sekitar 7 kalori untuk satu gram).

Sementara bir mempunyai jumlah kalori yang sama dengan minuman ringan bergula, sedangkan red wine memiliki dua kali lipatnya dari bir.

Namun, penelitian yang mempelajari hubungan antara alkohol serta berat badan telah membuahkan hasil yang tidak konsisten. Hal tersebut tampaknya karena kebiasaan dan sering meminum hingga akhirnya dapat berperan.

Sebagai contoh, meminum alhohol dalam jumlah yang sedang bisa dikaitkan dengan penurunan berat badan, sedangkan minum alkohol terlalu banyak bisa dikaitkan dengan peningkatan berat badan.

Faktanya, meminum bir secara teratur bisa menjadi penyebab naiknya berat badan, sementara meminum wine bisa menjadi penyebab turunnya berat badan.

8. Mengurangi risiko disfungsi ereksi

Penelitian menemukan bahwa manfaat meminum akohol dalam jumlah yang sedang memungkinkan kita untuk mengurangi resiko disfungsi ereksi atau juga impoten. Penelitian tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, para peneliti menemukan bahwa kemungkinan disfungsi ereksi berkurang 25 sampai 30 persen bagi peminum alkohol.

Peneliti utama, Kew-Kim Chew, seorang ahli epidemiologi di University of West Australia, melakukan penelitian kepada 1.770 laki-laki Australia. Chew dengan hati-hati mencatat bahwa ia beserta timnya sama sekali tidak menyarankan pria meminum alkohol secara berlebihan, dan juga bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk secara akurat menghubungkan impotensi serta konsumsi alkohol.

9. Mencegah Flu

Departemen Psikologi di Carnegie Mellon University menemukan bahwa kerentanan terhadap flu biasa meningkat dengan merokok, sementara meminum alkohol dalam jumlah yang sedang atau moderat bisa menurunan flu biasa pada non perokok.

Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 1993 kepada 391 orang dewasa. Sementara pada pada 2002, menurut New York Times, para peneliti Spanyol menemukan bahwa dengan meminum 8 sampai 14 gelas wine dalam satu minggu, terutama red wine, bisa mengurangi 60 persen resiko terkena flu. Para ilmuwan menduga bahwa hal tersebut ada hubungannya dengan sifat antioksidan dari wine.

10. Panjang umur

Manfaat meminum alkohol sesekali dipercaya bisa menambah beberapa tahun masa hidup kita. Sebuah studi oleh Universitas Katolik Campobasso melaporkan bahwa meminum kurang dari 4 atau 2 gelas alkohol dalam satu hari untuk pria dan wanita masing-masing bisa mengurangi resiko kematian sebesar 18 persen, seperti yang dilansir oleh Reuters.

Bahayanya Meminum Alkohol Terlalu Banyak

Meminum alkohol sesekali mungkin tak akan menganggu kesehatan kita, tapi beda ceritanya jika kita meminum alkohol terlalu banyak.

Untuk pria yang terlalu banyak meminum alkohol, biasanya minum lebih dari 4 kali sehari atau 14 kali atau bahkan bisa sampai 15 kali dalam seminggu. Sementara pada wanita minum banyak alkohol lebih dari 3 kali dalam sehari atau 7 sampai 8 kali dalam saatu minggu.

Jika terlalu banyak meminum alkohol, maka bisa berbahaya untuk fisik serta mental. Berikut dibawah ini adalah bahayanya meminum alkohol terlalu banyak,

1. Menyebabkan kerusakan hati
2. Menyebabkan penyakit jantung
3. Menyebabkan masalah otak dan juga sistem saraf
4. Menyebabkan anemia
5. Menyebabkan kanker
6. Menyebabkan kejang-kejang
7.  Menyebabkan asam urat
8. Menyebabkan infeksi
9. Menyebabkan masalah pencernaan
01. Menyebabkan gangguan tidur

Sebagian besar manfaat alkohol di atas akan kita rasakan jika kita meminumnya hanya secukupnya dan tidak berlebihan. Bahwasanya ada batasan meminum alkohol adalah 1 sampai 2 gelas dalam sehari, jadi pastikan agar tidak meminum alkohol lebih dari pada itu ya.