8 Tips Berjalan Kaki Ini Bisa Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Kita mungkin pernah mendengar pernyataan "jalan kaki saja jika dijalani dengan baik bisa menurunkan berat badan dengan sendirinya." Tetapi, berjalan kaki seperti apa yang bisa menurunkan berat badan secara rutin. Apakah jalan kaki yang memiliki pace lambat atau semua jenis jalan kaki bisa memberikan manfaat tersebut ?

Tips Berjalan Kaki Agar Berat Badan Turun

Jalan kaki yang dijalankan secara teratur bisa menurunkan berat badan. Namun, jalan kaki seperti apa yang bisa menurunkan risiko obesitas itu ? Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika berjalan kaki,

1. Tambah Kecepatan berjalan

Berjalan kaki memang bisa memberikan manfaat besar untuk tubuh kita. Namun, jika dilakukan dengan terlalu santai maka tidak akan memaksimalkan penurunan berat badan. Misalnya saja kita berjalan kaki terlalu lambat sehingga jarak 500 meter harus ditempuh selama 30 menit atau mungkin juga lebih.

Jika kita ingin memaksimalkan penurunan berat badan, maka ada baiknya agar menambah kecepatan berjalan terlebih dahulu. Kecepatan harus ditambah karena bisa memicu pembakaran lemak dari dalam tubuh secara cepat. Kita tidak perlu sampai lari atau jogging ringan, cukup melakukan jalan cepat saja

2. Memakai Kostum Yang Berat

Jalan kaki santai tidak akan membuat kita berkeringat dan juga metabolisme dalam tubuh jadi tidak meningkat. Bagaimana jika kita menggunakan kostum yang lebih berat seperti rompi pemberat atau juga bisa membawa dumbbell ukuran 2 sampai 3 kilogram di tangan kiri dan kanan. Jalan kaki pun akan menjadi lebih berat meski masih bisa dilakukan.

Jalan kaki biasa sebenarnya tidak masalah untuk kita lakukan. Tetapi, jika kita ingin menurunkan berat badan, maka harus ada tantangan yang dilakukan. Lagipula membawa beban 2 atau 3 kilogram tidak akan membuat kita kesulitan. Jika tubuh kita memang sudah besar karena mengalami obesitas, maka beban tambahan mungkin tidak diperlukan untuk sementara.

3. Berjalan Kaki Dijalan Yang Menanjak

Tantangan berjalan jalan kaki yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat tidak hanya membawa pemberat. Kita juga bisa memilih jalanan yang menanjak. Artinya, jalanan yang dipilih memiliki tanjakan yang pastinya menantang dan membuat kita harus lebih keras untuk berusaha.

Kita bisa berjalan kaki menanjak di jalanan pedesaan atau mungkin kawasan persawahan. Biasanya kawasan tersebut masih memiliki medan yang menantang dan juga bisa lebih mudah untuk membakar lemak. Jalanan yang menanjak membutuhkan usaha yang jauh lebih keras. Oleh karena itu, cukup lakukan beberapa kali saja dalam seminggu agar kaki kita tidak mudah lelah.

4. Teknik Dan Postur Sangat Penting

Apakah jalan kaki hanya bisa dilakukan dengan berjalan saja ? Tentu tidak selalu begitu, ada juga beberapa teknik yang perlu diperhatikan ketika sedang berjalan. Jika kita tidak bisa melakukannya dengan baik, maka kaki kita akan mudah sekali sakit. Maka dari itulah mengapa sebuah teknik dan postur sangat penting untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berjalan kaki. Meski dampaknya terhadap kaki kita lebih kecil dari pada berlari, tetapi rasa lelah tetap bisa saja muncul dan risiko cedera pun tetap besar. Oleh karena itu, kita disarankan untu melakukan pemanasan terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk memakai sepatu yang nyaman.

5. Barengi Dengan Latihan Ketahanan Tubuh

Tidak hanya jalan kaki saja yang perlu kita latih, kita juga bisa menggabungkannya dengan latihan ketahanan tubuh lainnya. Misalnya saja dengan melakukan sit-up, push-up, atau olahraga lainnya. Lakukan latihan sesuai dengan kemampuan kita, jangan memaksakan diri karena nanti bisa memicu cedera, maka dampaknya kita jadi malas berolahraga kembali.

6. Melakukan Latihan Interval

Hanya berjalan kaki saja memang tidak akan memaksimalkan dalam membantu kita untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, kita disarankan untuk melakukan latihan interval. Maksudnya adalah latihan dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu tertentu.

Misalkan dalam detik ke 15 sampai 30 kita berjalan dengan sangat cepat lalu kemudian dalam detik 15 selanjutnya kita berjalan kaki dengan santai. Latihan dengan konsep interval ini akan memudahkan kita dalam membakar lemak lebih banyak.

7. Berjalan Kaki Sebentar Setiap Hari

Ada 2 tipe orang yang melakukan olahraga jalan kaki. Ada yang suka berjalan kaki dalam jarak yang sangat jauh, tetapi hanya sesekali saja. Ada juga yang suka berjalan kaki sedikit demi sedikit, dan akhirnya bisa memenuhi target yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Kita bisa melakukan salah satu dari metode jalan kaki diatas. Tetapi, secara umum berjalan dengan durasi sebentar serta berkali-kali akan jauh lebih baik. Pembakaran lemak bisa berjalan dengan lebih banyak dan tidak sulit juga untuk kita melakukannya. Dalam satu hari saja kita bisa membagi waktu untuk berjalan kaki sebanyak 3 kali agar tubuh lebih sehat.

8. Fokuslah Pada Langkah

Pernahkah kita mendengar rekomendasi langkah sebanyak 10.000 langkah dalam satu hari ? Rekomendasi tersebut muncul berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2016. Salah seorang yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, maka disarankan agar melakukan langkah secara perlahan-lahan.

Tidak mudah juga bagi kita untuk melangkah dengan jumlah 10.000 langkah tersebut. Itulah alasannya mengapa kita diharuskan untuk melakukan langkah berjalan kaki secara bertahap. Misalnya dibulan pertama kita melatih langkah minimal 1.500 langkah, lalu kemudian bertambah sampai 3.000 langkah pada akhir bulan. Hal tersebut perlu disesuaikan dengan kemampuan tubuh kita agar nantinya tubuh bisa dengan mudah menyesuaikan diri. Berjalan kaki ketika kita membersihkan rumah ataupun ketika membeli sesuatu juga bisa dihitung sebagai langkah juga.

Itulah beberapa tips berjalan kaki yang bisa menurunkan berat badan secara cepat. Jika kita tidak bisa melakukan olahraga berat seperti berlari atau mengangkat beban, maka berjalan kaki adalah salah satu pilihan alternatif yang sangat tepat. Apalagi jika dengan memanfaatkan beberapa tips di atas, maka kita bisa mendapatkan berat badan yang ideal dan tubuhpun menjadi lebih sehat.