Kisah Abu Muslim Al-Khaulani



Nama lengkapnya Abdullah bin Tsaub Al-Khaulani, biasa dipanggil Abu Muslim dan digelari Raihanah Asy-Syam. Ia berasal dari keturunan Yaman. Ia hidup pada masa jahiliyah dan masuk Islam sebelum Nabi ﷺ wafat, tetapi ia tidak pernah bertemu dengan beliau ﷺ.

Ia pernah berkunjung ke Madinah pada masa pemerintahan Abu Bakar, kemudian ia merantau ke Syam dan menetap di sana.

Ia termasuk orang yang do'anya mustajab. Aswad Al 'Anasi (orang yang mengaku sebagai Nabi di Yaman) pernah melemparkannya ke dalam kobaran api, tetapi Abu Muslim sama sekali tidak terbakar. Karena itu, apa yang pernah dialaminya persis seperti apa yang pernah dialami oleh Nabi Ibrahim 'alaihis salam.

Ia pernah mengatakan, "Meninggalkan kesalahan lebih mudah dari pada memohon taubat."

Tentang Abu Muslim, Ka'ab bin Malik pernah berkata, "Abu Muslim adalah orang bijak umat ini."

Ia selalu mencambuk kakinya dengan cemeti sambil berkata, "Aku lebih pantas dicambuk dari pada binatang."

Ia juga sering kali mengeraskan nada suaranya dengan takbir sambil berkata, "Berdzikirlah mengingat Allah sampai orang tolol mengira engkau orang gila."

Suatu hari, ia menemui Mu'awiyah bin Abi Sufyan dan berkata, "Semoga keselamatan tercurah bagi engkau, wahai orang yang mendapat jaminan keamanan."

Orang-orang yang berada di ruangan tersebut kaget.

Mu'awiyah berkata kepada mereka, "Panggillah ia kemari, karena ia lebih mengerti ucapan salam yang diucapkannya, begitu juga dengan jawabannya."

Setelah itu, ia menasehati Mu'awiyah dan menganjurkannya untuk menegakkan keadilan. Ketika perang, para gubernur dan panglima perang selalu menempatkannya di garis depan pasukan.

Ia meriwayatkan hadits dari Mu'adz bin Jabal, Abu Dzar, Ubadah bin Shamit, dan lainnya. Diantara perawi hadits yang meriwayatkan hadits darinya adalah Abu Idris Al-Kahulani, Jubair bin Nufair, Abu 'Aliyah, Ar-Rayyani, dan lainnya.

Ia pernah mengatakan, "Apakah para sahabat Muhammad ﷺ mengira bahwa mereka mendahului kita dalam meraih pahala besar ? Demi Allah, tidak, kita akan berdesak-desakan mengerumuni Beliau ﷺ sampai mereka tahu bahwa mereka telah meninggalkan para kesatria di belakang mereka."

Abu Muslim Al-Khaulani meninggal dalam pertempuran untuk membebaskan wilayah Romawi pada tahun 62 Hijriyah.

abu muslim al khaulani lahir, abu muslim al khaulani lahir pada, abu muslim al khaulani lahir pada tanggal, abu muslim al khaulani dalam kitab, kisah abu muslim al khaulani, karomah abu muslim al khaulani, abu muslim, biografi abu muslim al khaulani, abu muslim al khaulani, siapa abu muslim al-khurasani.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url