Biografi Salim bin Abdullah

Nama lengkapnya Salim bin Abdullah bin Umar bin Al Khathab Al Qurasyi Al Adawi, biasa dipanggil Abu Umar. Rambut dan jenggotnya beruban.

Ia termasuk seorang pemimpin, ulama, dan orang terpercaya di kalangan tabi’in. Ia adalah cucu Amirul Mukminin, Umar bin Al Khathab.

Suatu hari, ia menghadap ke Sulaiman bin Abdul Malik, dan Sulaiman menyambutnya dengan hangat dan mengajaknya duduk di atas pembaringannya.

Ia adalah sosok tabi’in yang terkenal wara’i, hujjah, dan banyak meriwayatkan hadits.

Hadits hadits riwayatnya diriwayatkan oleh pengarang Kutub As Sittah. Menurut para ahli hadits, sanad (transmisi) hadits yang paling sahih adalah riwayat Az Zuhri dari Salim dari Abdullah bin Umar.

Ia sangat mirip dengan Umar bin Al Khathab dalam hal petunjuk, wibawa, dan keadilan. Suatu hari, khalifah Sulaiman bin Abdul Malik melihat Salim di Ka’bah. Kepadanya, Sulaiman berkata, "Mintalah apa saja yang Anda inginkan." Salim menjawab, "Demi Allah, di rumah Allah ini aku tidak meminta sesuatu selain kepada Allah."

Ia meriwayatkan hadits dari ayahnya, Abdullah bin Umar, dari Abu Hurairah, Abu Lubabah, Safinah, dan lainnya. Di antara perawi yang meriwayatkan hadits darinya adalah Amar bin Dinar, Qahruman, Az Zuhri, dan lainnya.

Salim bin Abdullah meninggal di Madinah pada tahun106 Hijriyah.

Kata Kunci:
salim bin abdullah bin umar merupakan tokoh ahli fiqih pada masa daulah umayyah di kota, salim bin abdullah islamic library, salim bin abdullah bin umar, biografi syekh salim bin abdullah, habib salim bin abdullah assyatiri, al habib salim bin abdullah asy syathiri, habib salim bin abdullah bin umar assyatiri, biografi habib salim bin abdullah assyatiri, salim bin abdullah bin umar bin khattab, habib salim bin abdullah bin umar asy syathiri, kisah salim bin abdullah bin umar, biografi salim bin abdullah bin umar bin khattab, biografi salim bin abdullah bin umar

Baca juga

Posting Komentar