Malaikat Penyeru Manusia

Penyeru Bulan Ramadhan

Satu malaikat yang terus menerus memanggil manusia beriman untuk bergembira dan manusia jahat untuk menahan segala kejahatan ketika malam pertama bulan Ramadhan hingga fajar.

Rasulullah Muhammad ﷺ bersabda,
"Apabila tiba malam pertama Ramadhan akan diikat (dirantai) segala syaitan dan jin jin yang sesat, ditutup segala pintu neraka hingga tidak ada satu pintu pun yang dibuka, dibuka segala pintu surga hingga tidak ada satu pintu pun yang ditutup.

Seorang penyeru (yakni Malaikat) akan berseru, "Wahai orang yang mengejar kebaikan ! Tampil lah kamu. Wahai orang yang ingin melakukan kejahatan ! Undur lah kamu (yakni berhentilah dari melakukan kejahatan)."

Akan terdapat orang orang yang akan dibebaskan Allah dari api neraka. Hal demikian itu berlaku pada setiap malam (di sepanjang Ramadhan)." (HR. Imam At Tirmidzi, Baihaqi, dan Ibnu Hibban dari Abu Hurairah)
Nabi Muhammad ﷺ bersabda,
"Apabila malam pertama bulan Ramadhan tiba, maka syaithan syaithan dan jin jin Ifrit dibelenggu, pintu pintu neraka ditutup sehingga tidak satupun darinya terbuka, dan pintu pintu surga dibuka sehingga tidak satupun pintu yang tertutup. Kemudian ada seorang (malaikat) penyeru yang memanggil, "Wahai pencari kebaikan, bergembiralah ! Wahai para pencari kejahatan, tahanlah !"(HR. At Tirmizi, Ibnu Majah, dan Ibnu Khuzaimah)

Penyeru Dari Pintu Pintu Surga

Para malaikat yang berseru kepada orang beriman untuk memasuki pintu pintu tertentu tergantung dari amal ibadahnya.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda,
"Barangsiapa yang melakukan dua atau lebih dari jenis jenis amal kebajikan untuk mencapai keridhaan Allah, ia akan di seru oleh malaikat dari pintu pintu Syurga.

Malaikat penyeru berkata, "Wahai Hamba Allah ! Pintu ini lebih baik bagimu memasukinya ! Maka barangsiapa yang memperbanyak jenis shalat, ia tetap di seru dari pintu shalat, dan barangsiapa yang memperbanyak jenis perjuangan, ia tetap di seru dari pintu perjuangan, dan barangsiapa yang memperbanyak jenis puasa, ia tetap di seru dari pintu puasa yang bernama Rayyan, dan barangsiapa yang memperbanyak jenis sedekah, ia tetap di seru dari pintu sedekah."

Mendengarkan yang demikian, Abu Bakar berkata, "Ayah dan ibuku menjadi galang gantimu ya Rasulullah ! (dalam saat kecemasan) Tidaklah menjadi sebarang kesusahan kepada orang yang dijemput masuk dari setiap pintu itu bahkan satu kemuliaan kepadanya, maka adakah barangsiapa yang dijemput masuk dari semua pintu itu ?" Nabi menjawab, "Ya ada ! Dan aku harap engkau seorang dari mereka yang berbahagia itu."

Penyeru Kebaikan Setiap Hari

Dua malaikat yang setiap hari berseru yang didengar oleh seluruh makhluk-Nya, kecuali manusia dan jin.

Hadis riwayat Abu Ad Dardaa', bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda,
"Tidak ada satu hari yang terbit mataharinya melainkan ada di kiri kanan matahari itu, dua malaikat yang menyerukan seruan yang didengarkan oleh semua makhluk Allah selain dari manusia dan jin.

Malaikat itu berkata "Wahai sekalian manusia ! Marilah kamu semua berusaha mengerjakan amal bakti kepada Tuhan kamu, karena sesungguhnya pendapatan pendapatan yang sedikit serta mencukupi keperluan hidup di dunia adalah lebih baik dari pada pendapatan pendapatan yang banyak serta melalaikan bekal akhirat."

Dan tidak masuk matahari melainkan ada di kiri kanannya dua malaikat yang menyerukannya seruan yang didengarkan oleh semua makhluk Allah selain dari manusia dan jin.

Malaikat itu berkata, "Ya Tuhan kami ! Berikanlah ganti yang berganda ganda kepada orang yang mencurahkan nikmat nikmat yang dikaruniakan kepadanya pada jalan yang diridhai Allah, dan timpakan lah kerugian yang besar ke atas orang yang menahan nikmat nikmat Allah itu dari pada mengeluarkannya pada jalan yang dituntut oleh Allah."