Apakah Balita Boleh Makan Durian ?

Durian adalah salah satu buah favoritnya orang Indonesia. Di balik aromanya yang kuat, durian dianggap sebagai buah yang bisa memberikan kepuasan tersendiri setelah dikonsumsi. Namun, bolehkah bayi atau balita makan durian juga ?

Anak Kecil Boleh Makan Durian 

Tekstur durian yang halus membuatnya cocok untuk dikonsumsi oleh semua orang. Selain itu, durian juga kaya akan nutrisi seperti gula alami, protein, vitamin, kalsium, zat besi, fosfor, dan lain-lain. Konsumsi durian juga dapat meningkatkan energi tubuh. Konsumsi durian ini karena kandungan gula alaminya yang sangat tinggi, sehingga dikhawatirkan dapat berdampak buruk bagi kesehatannya.

Bayi atau anak kecil tidak boleh terbiasa makan makanan yang tinggi garam atau gula. Faktanya, ginjal bayi hanya dapat memproses gula dan garam dalam jumlah kurang dari satu gram, yang berarti ketika mereka makan durian, ginjal di dalam tubuh bekerja lebih keras, meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal atau tekanan darah tinggi di masa depan. Padahal, sudah diketahui bahwa penyakit ini bisa menyebabkan kematian dini.

Meski cenderung membosankan, durian sebenarnya cukup tinggi seratnya. Daging buah ini juga harus dikunyah sampai benar-benar empuk sebelum ditelan. Masalahnya, masih banyak anak kecil yang kurang mengunyah. Jika mereka memakannya, dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pencernaan atau sembelit.

Durian juga cenderung menimbulkan rasa panas di perut, jika dikonsumsi oleh bayi atau anak kecil dikhawatirkan akan mengalami sakit tenggorokan atau insomnia akibat kondisi ini.

Mengingat fakta ini, kita tidak boleh memberikan durian kepada bayi atau anak kecil untuk menghindari masalah kesehatan. Mari beri mereka buah-buahan lain yang lebih aman dan bermanfaat untuk kondisi mereka.

Beberapa Orang Tidak Boleh Mengkonsumsi Durian

Para ahli kesehatan menyebut durian sebagai buah yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Ada beberapa kelompok masyarakat yang sepertinya tidak disarankan untuk mengonsumsi durian. Inilah orang-orang tersebut,

1. Memiliki Masalah Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan, sering dianggap sebagai awal dari berbagai masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena penyakit ini dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes, dan lain-lain. Penderita penyakit ini juga disarankan untuk mengubah pola makannya atau gaya hidup untuk menurunkan berat badan dan mencegah gangguan kesehatan tersebut.

Salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita obesitas adalah durian, karena kandungan kalori dan karbohidratnya yang sangat tinggi. Salah, jika Anda sering makan durian, berat badan Anda akan terus bertambah dan risiko penyakit kronis Anda akan meningkat.

2. Memiliki Masalah Diabetes

Penderita diabetes yang tidak mampu mengontrol kadar gula darahnya sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi durian. Pasalnya, kandungan gula alami dalam durian yang sangat tinggi bisa memicu lonjakan kadar gula darah yang bisa menyebabkan komplikasi.

3. Memiliki Masalah Maag

Sebenarnya penderita maag bisa terus makan durian asalkan porsi atau frekuensinya sesuai dan tidak berlebihan. Namun, jika kondisi maag yang kita alami sudah cukup parah, ada baiknya stop makan buah durian.
LihatTutupKomentar