Mengenal Sifat Allah ﷻ Dan Penjelasannya

Mengenal Sifat Allah ﷻ Dan Penjelasannya - Ronies30


بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

اشهدان لااله الالله، واشهران محمدارسول الله

Asyhadu an-laa ilaaha illallaah, Wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah

"Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah, dan saya bersaksi Muhammad ﷺ adalah Utusan Allah."

Kalimat diatas menunjukkan pengakuan tauhid, artinya seorang muslim hanya mempercayai Allah ﷻ sebagai satu-satunya Allah. Allah ﷻ adalah Tuhan dalam arti sesuatu yang menjadi motivasi atau menjadi tujuan seseorang.

Allah ﷻ menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu juga menyatakan demikian.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,
شَهِدَ اللّٰهُ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۙ وَا لْمَلٰٓئِكَةُ وَاُ ولُوا الْعِلْمِ قَآئِمًا بِۢا لْقِسْطِ ۗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ 

syahidallohu annahuu laaa ilaaha illaa huwa wal-malaaa-ikatu wa ulul-'ilmi qooo-imam bil-qisth, laaa ilaaha illaa huwal-'aziizul-hakiim

"Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia, (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana." (QS. Ali 'Imran 3 : Ayat 18)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَـنْظُرْ نَـفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۚ وَا تَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ بِۢمَا تَعْمَلُوْنَ

yaaa ayyuhallaziina aamanuttaqulloha waltangzhur nafsum maa qoddamat lighod, wattaqulloh, innalloha khobiirum bimaa ta'maluun

"Wahai orang-orang yang beriman ! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hasyr 59 : Ayat 18)

Sebagai umat islam, kita wajib meyakini adanya Allah ﷻ dan mengetahui sifat-sifatnya agar menjadi mukmin sejati. Dengan modal iman inilah kita akan menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Pengertian Iman kepada Allah ﷻ

Iman menurut bahasa artinya percaya atau yakin terhadap sesuatu. Sedangkan iman menurut istilah adalah pengakuan di dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan dikerjakan dengan anggota badan.

Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi Muhammad ﷺ yang artinya,
"Iman adalah pengakuan dengan hati, pengucapan dengan lisan, dan pengamalan dengan anggota badan." (HR Thabrani)

Dari penjelasan hadits di ata, dapat disimpulkan bahwa iman kepada Allah ﷻ membutuhkan tiga unsur anggota badan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, yaitu hati, lisan, dan anggota badan.

Iman kepada Allah ﷻ merupakan suatu keyakinan yang sangat mendasar. Tanpa adanya iman kepada Allah ﷻ, seseorang tidak akan beriman kepada yang lain, seperti beriman kepada Malaikat Allah, kitab-kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, dan beriman akan hari kiamat.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,
يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اٰمِنُوْا بِا للّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَا لْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَا لْكِتٰبِ الَّذِيْۤ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗ وَمَنْ يَّكْفُرْ بِا للّٰهِ وَمَلٰٓئِكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَا لْيَوْمِ الْاٰ خِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًاۢ بَعِيْدًا

yaaa ayyuhallaziina aamanuuu aaminuu billaahi wa rosuulihii wal-kitaabillazii nazzala 'alaa rosuulihii wal-kitaabillaziii angzala ming qobl, wa may yakfur billaahi wa malaaa-ikatihii wa kutubihii wa rusulihii wal-yaumil-aakhiri fa qod dholla dholaalam ba'iidaa

"Wahai orang-orang yang beriman ! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh." (QS. An-Nisa' 4 : Ayat 136)

Sifat-Sifat Allah ﷻ

Allah ﷻ adalah zat Maha Pencipta dan Maha Kuasa atas seluruh alam beserta isinya. Allah ﷻ memiliki sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz sebagai sifat kesempurnaan bagi-Nya.

Sebagai muslim yang beriman, kita wajib mengetahui sifat-sifat Allah ﷻ tersebut, diantaranya sebagai berikut,
  • Sifat wajib, artinya sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah ﷻ, sifat wajib Allah ﷻ berjumlah 13.
  • Sifat mustahil, artinya sifat-sifat yang tidak mungkin ada pada pada Allah ﷻ, sifat mustahil merupakan kebalikan dari sifat wajib, jumlahnya juga sama dengan jumlah sifat wajib bagi Allah ﷻ.
  • Sifat jaiz, artinya sifat yang mungkin bagi Allah ﷻ untuk berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya. Artinya, Allah ﷻ berbuat sesuatu tidak ada yang menyuruh dan tidak ada yang melarang. Sifat jaiz bagi Allah ﷻ hanya satu, yaitu "Fi'lu kulli mumkinin au tarkuhu."

Mengenal Sifat Allah ﷻ Dan Penjelasannya - Ronies30

Hikmah Beriman kepada Allah ﷻ

Meyakini kepada Allah ﷻ berikut dengan sifat-sifat-Nya akan memberikan banyak hikmah diantaranya,
  • Meyakini kebesaran Allah ﷻ.
  • Meningkatkan rasa syukur kepada Allah ﷻ.
  • Selalu menjalankan perintah-Nya.
  • Selalu berusaha menjauhi serta meninggalkan larangan-Nya.
  • Tidak takut menghadapi kematian.

keutamaan mengenal sifat allah, mengenal sifat wajib allah, mengenal sifat 20 allah, mengenal allah sifat 20 pdf, mengenal sifat 20 allah swt, mengenal sifat-sifat allah, mengenal sifat wajib bagi allah, keutamaan mengenal nama dan sifat allah brainly, mengetahui sifat allah dapat mendorong kita untuk selalu, mengenal allah dan sifat-sifatnya merupakan, mengenal allah dan sifat sifatnya, mengenal nama dan sifat allah,, keutamaan mengenal sifat-sifat allah, mengenal sifat sifat allah, mengenal allah melalui sifatnya, mengenal allah melalui sifat 20.
LihatTutupKomentar